Aceh Berpotensi Jadi Kiblat Fashion Islami di Sumatera

Aceh Berpotensi Jadi Kiblat Fashion Islami di SumateraAcehbisnis.com

Banda Aceh, Acehbisnis.com - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, mengatakan, Aceh berpotensi sebagai kiblat fashion Islami di Indonesia, khususnya di Sumatera. 

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Teaser Road Show to Islamic Fashion Festival (IFF) 2020 di salah satu hotel berbintang di Banda Aceh, Sabtu (7/3/2020).

Menurut dia, para desiner Aceh telah mampu menghadirkan nilai-nilai budaya dalam beragam kerajinan Aceh, baik melalui tenun, bordir dan kasab Aceh yang penuh pesona.

Saat ini, kata Dyah, kita bisa melihat bahwa sudah mulai lahir designer-designer Aceh yang dengan kreasi dan inovasinya mampu menghadirkan karya-karya fashion Islami. Bahkan telah ditampilkan di kancah nasional maupun internasional,"ungkap Dyah.

Dyah juga menjelaskan, secara budaya motif-motif Aceh akan sangat menarik untuk dijadikan inspirasi fashion, apabila dikemas sesuai dengan selera masyarakat luas.

Untuk itu, Dyah berharap agar para desiner tidak ragu memasukkan unsur Aceh dalam karya-karya mereka.  "Semoga melalui industri fashion, kiita mampumempromosikan nilai-nilai budaya Aceh dan juga mensyiarkan Islam ke masyarakat luas,"jelas dia.

Lebih lanjut, Dyah menambahkan, kebangkitan industri fashion akan membawa pengaruh pada pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya percaya, bahwa industri fashion merupakan salah satu industri yang mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas,"pungkas Dyah. 

Agenda Teaser Show ini, merupakan ajang mempromosikan acara Islamic Fashion Festival tahun 2020 yang akan berlangsung April mendatang.()