Aceh Barat Peroleh Dana Cadangan DAK Tahun 2020 Bidang Irigasi dan Air Minum

Aceh Barat Peroleh Dana Cadangan DAK Tahun 2020 Bidang Irigasi dan Air Minum
Kepala Dinas PUPR Aceh Barat, Kurdi

Meulaboh, Acehbisnis.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat mendapat dana cadangan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan tahun 2020 untuk bidang irigasi dan air minum. Hal tersebut diketahui setelah keluar surat keputusan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70 tahun 2020.

“ Alhamdulillah, Aceh Barat peroleh dana cadangan melalui DAK 2020 ini. Kalau proses kegiatan, itu sesuai surat keputusan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Yaitu proses pelaksanaan dapat dilakukan atau pun diutamakan secara padat karya,” kata Kadis PUPR Aceh Barat, Kurdi, Senin (29/6/2020).

Ia merincikan, untuk bidang irigasi dana cadangan yang didanai melalui DAK fisik ini sebesar Rp 5,29 miliar sementara pada bidang air minum sebesar Rp1,6 miliar.

Selain itu, kata dia, penggunaan anggaran cadangan dana DAK khusus Air Minum dan Irigasi ini nantinya dilaksanakan tetap pada lokasi yang sebelumnya diusulkan PUPR.

Untuk Irigasi, pengerjaannya berada di beberapa lokasi antara lain Kecamatan Woyla, Pante Ceureumen, Kaway XVI. Sedangkan Air Minum berada di Kecamatan Meureubo, Panton Re, Woyla dan Arongan Lambalek.

“ Kita dulu pernah usulkan proses pengadaannya, tapi terpaksa dihentikan karena covid-19. Namun setelah kondisinya jadi new normal, kita usulkan kembali mana saja kegiatan yang sedang didanai oleh pusat melalui dana cadangan ini.

“ Setelah kita usulkan, selain Aceh Barat beberapa daerah lain di Aceh juga dapat dana cadangan ini. Di kita, untuk Irigasi didanai sebesar Rp5,2 miliar sedangkan bidang air minum 1,6 milar. Untuk proses kegiatan pada dua bidang ini, ada secara rehab adapun dibangun baru,” tandas Kurdi. ()

WTP Pemkab Pidie