8 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Disertai Cara Membuatnya

8 Manfaat Susu Kurma bagi Kesehatan Tubuh, Disertai Cara Membuatnya
Ilustrasi Kurma Credit: unsplash.com/Mona

Jakarta, Aceh Bisnis - Manfaat susu kurma sangat banyak bagi tubuh. Hal tersebut tidak lepas dari kandungan masing-masing bahan yaitu susu dan kurma yang dikenal banyak manfaat. Dengan kombinasi keduanya, selain rasanya yang nikmat, tidak heran jika manfaat susu kurma sangat menarik diketahui.

Mengenai buah kurma sendiri, sebenarnya merupakan salah satu buah yang telah dikenal selama lebih dari 6000 tahun. Asal dari buah kurma sendiri diperkirakan dari Mesopotamia atau yang sekarang disebut dengan Irak.

Tapi jangan salah, jenis dari buah kurma sendiri ada lebih dari 200 jenis yang tumbuh di dunia. Bahkan, buah kurma menjadi salah satu komoditas buah utama yang ada di negara-negara Timur Tengah, seperti Mesir, Arab Saudi, dan negara lain sebagainya.

Sedangkan susu yang menjadi bahan campuran di menu ini, juga tidak lepas dari ragam manfaat yang dikandungnya. Susu selain nikmat, juga memiliki kandungan vitamin serta mineral penting. Kandungan protein, kalsium, serta vitamin di dalamnya turut membantu menjaga kesehatan tubuh.

Kombinasi kedua bahan tersebut membawa banyak manfaat sehat yang sayang jika Anda lewatkan. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja manfaat susu kurma yang patut untuk diketahui, Kamis (7/1/2021).

Manfaat Susu Kurma

1. Menambah stamina

Manfaat susu kurma yang pertama tentunya mampu meningkatkan energi serta fungsi organ tubuh, seperti pembuluh darah, hati, sistem saraf, bahkan usus besar. Kemudian, manfaat susu kurma juga sangat ampuh untuk membuang berbagai zat berbahaya yang berasal dari makanan di dalam tubuh Anda.

Sebenarnya, hadirnya manfaat susu kurma ini berkat adanya kandungan zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium, vitamin A, vitamin D serta vitamin C di dalamnya. Maka akan sangat sayang jika manfaat tersebut terlewatkan.

2. Meningkatkan produksi ASI

Selanjutnya, manfaat susu kurma ini sangat cocok bagi ibu menysui. Pasalnya, manfaat susu kurma mampu meningkatkan produksi ASI. Di dalam susu kurma terkandung treonin dan juga gliserin. Kedua kandngan ini akan sangat membantu dalam memproduksi ASI pada ibu yang sedang menyusui.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Konsumsi susu kurma secara rutin juga mampu menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyelamatkan organ hati dari racun. Kemudian, adanya kulit kurma juga dapat berfungsi sebagai agen antivirus, antibakteri, serta antijamur. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terhindar dari berbagai penyakit.

4. Menurunkan risiko penyumbatan arteri

Manfaat susu kurma ampuh untuk menurunkan risiko penyumbatan arteri. Dengan adanya manfaat susu kurma ini, sangat berdampak pada penurunan risiko Anda mengalami penyakit jantung, serangan jantung, serta stroke. Tentu hal ini akan turut meningkatkan kualitas hidup Anda sehari-hari.

5. Turunkan risiko kanker

Konsumsi susu kurma secara rutin, juga mampu menurunkan risiko kanker. Pasalnya, di dalam susu kurma terkandung banyak sekali antioksidan alami, kaya akan magnesium, fosfor, serta kalsium. Hadirnya kombinasi berbagai nutrisi tersebut akan sangat membantu tubuh dalam menurunnya risiko terjadinya kanker.

6. Jaga kesehatan jantung

Tentunya menjaga kesehatan organ jantung menjadi hal yang sangat penting. Jantung merupakan organ paling vital di tubuh manusia. Bahkan, penyakit pada jantung menjadi momok paling menakutkan dan salah satu pembunuh utama.

Dengan konsumsi susu kurma yang kaya kalium, akan turut membantu tubuh Anda dalam menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Bahkan kandungan serat yang ada di dalam buah kurma juga memiliki kandungan serat yang sangat banyak dan dapat menjaga kesehatan jantung secara jangka panjang.

7. Menjaga kesehatan mata

Di dalam susu kurma terdapat kandungan vitamin A dan vitamin B yang bisa dibilang sangat tinggi. Hal tersebut yang membuat susu kurma akan sangat baik dalam membantu untuk jaga kelembapan mata, sehingga akan berdampak pada meningkatknya fungsi penglihatan serta turut mengurangi risiko kebutaan.

8. Menurunkan stres

Manfaat susu kurma yang terakhir yaitu mampu meredakan stres dan memberi Anda perasaan rileks. Di sisi lain, susu kurma juga mampu menyediakan nutrisi makanan yang sangat dibutuhkan tubuh agar mampu merangsang hormon pertumbuhan.

Namun, meski ada beragam manfaat susu kurma yang dijelaskan di atas, jangan hanya mengandalkan asupan nutrisi dari susu kurma. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan yang memiliki gizi seimbang, cukup tidur, olahraga dengan teratur, mengelola stres dengan baik, juga menjauhi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan.

Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terjaga kesehatannya dan terbebas dari risiko serangan berbagai penyaki berbahaya.


Cara Membuat Es Susu Kurma

Bahan-bahan:

- 6 buah kurma atau sesuai selera

- 200 ml susu UHT

- Es batu secukupnya

Langkah membuat:

1. Pisahkan daging dari biji kurma. Kemudian rendam kurma semalaman di dalam air dan letakkan dalam kulkas.

2. Letakkan kurma yang sudah direndam ke dalam wadah blender.

3. Tuang susu UHT satu gelas kurang lebih 200 ml.

4. Masukkan es batu lalu blender sampai benar-benar halus.

5. Sajikan.