7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya!

7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya!
Foto: Getty Images/iStockphoto/mediaphotos

Jakarta, Aceh Bisnis - Kolesterol buruk yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan. Karenanya penting mengenali 7 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol seperti berikut.

Kolesterol di dalam tubuh terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Keduanya memiliki fungsi dan bahayanya masing-masing.

Kolesterol baik berfungsi menjaga efek kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol buruk. Pasalnya kadar kolesterol buruk yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan yang berujung pada masalah kesehatan jantung.

Hal ini terutama berisiko bagi orang dewasa yang akan memasuki usia lanjut. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang harus mulai dihindari untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurut Health Digest (18/2), ini daftar 7 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol:

1. Daging Olahan

Daging olahan merupakan bahan makanan yang dibuat dari daging dengan melalui banyak proses dan bahan tambahan. Seperti bacon, sosis, hot dog dan lainnya.

Menurut penelitian nutrisi pada 2019, konsumsi daging olahan memiliki kaitan kuat dengan risiko peningkatan kadar kolesterol yang tidak normal. Bahkan daging olahan juga dilaporkan dapat meningkatkan kanker usus.

2. Susu Sapi

Susu sapi murni terbukti mengandung lebih banyak kolesterol. Menurut Verywell Health, dibandingkan dengan produk olahan susu lainnya, kolesterol paling banyak ditemukan dalam susu sapi murni.

"Susu sapi murni mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan LDL, artinya ini akan meningkatkan risiko penyumbatan arteri," kata William W. Li.

3. Makanan Cepat Saji

Memanjakan tubuh sesekali dengan konsumsi makanan yang berlemak dan manis memang tidak salah. Tetapi konsumsi makanan cepat saji yang terlalu banyak dapat meningkatkan LDL atau kolesterol buruk dengan cepat.

Pada sebuah penelitian tahun 2017, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan cepat saji semenjak kecil terbukti memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi saat dewasa. Kolesterol ini juga dapat menyebabkan risiko obesitas dan jantung koroner.

4. Kopi

Sebuah survei membuktikan efek kesehatan pada 64% orang yang minum kopi setiap hari. Kopi memang memiliki manfaat kesehatan yang baik yang datang dari kandungan polifenolnya.

Sayangnya, pada sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa orang yang rutin meminum kopi setiap hari memiliki kadar LDL yang lebih tinggi. Kolesterol yang ada pada kopi ini dihasilkan dari bahan-bahan tambahan seperti krim, gula dan pemanis lainnya. Lebih disarankan memilih minum kopi tanpa tambahan bahan manis lainnya.

5. Mentega

Berbeda dengan margarin, mentega tidak terbuat dari minyak yang berasal dari tumbuhan, tetapi terbuat dari lemak hewan.

Lemak hewan mengindikasikan lebih banyak lemak jenuh yang berbahaya bagi kesehatan. Jika ingin menggunakan lemak yang lebih sehat, margarin lebih disarankan dibandingkan mentega.

6. Bebek

Bebek merupakan unggas dengan kadar kolesterol tertinggi dibandingkan dengan ayam dan kalkun. Dalam 128 gram daging bebek, akan ditemukan 128 miligram kolesterol buruk yang tersembunyi.

Bebek memiliki lemak jenuh yang lebih banyak dibanding lemak sehat lainnya. Lemak jenuh inilah yang kemudian memicu peningkatan kolesterol buruk dengan cepat.

7. Telur

Disamping kandungan nutrisinya yang sangat baik, telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Menurut Harvard Health Publishing, makan lebih dari sebutir telur per hari dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

Terlebih jika kamu mengonsumsi telur dengan tambahan seperti bacon, sosis, keju dan lainnya. Bahan-bahan tersebut menjadi musuh utama kesehatan karena kandungan kolesterol buruknya yang terlalu tinggi.

Sumber:detik.com