6 Tanda Leukemia yang Perlu Diketahui

6 Tanda Leukemia yang Perlu Diketahui
Sel darah putih pada pasien leukemia, hasil foto sains mikroskop elektronik

Sebagian besar sel darah baru yang diproduksi tubuh datang dari sumsum tulang. Namun pada kasus leukemia, salah satu dari sel darah baru ini bermutasi dan bersifat kanker, lalu dia mulai memperbanyak diri.

"Pada orang dewasa, (kemunculan leukemia) biasanya pada kisaran umur 50-70 tahun," timpal direktur klinis Adult Leukaemia Program di Dana-Farber Cancer Institute Dr Martha Wadleigh, seperti dilansir Women's Health.

Leukemia memiliki beberapa subtipe. Tanda atau gejala yang muncul akan sangat bergantung pada subtipe leukemia ini. Meski begitu, terkadang pasien-pasien leukemia dewasa dengan subtipe berbeda dapat menunjukkan gejala yang mirip.

Setidaknya ada enam gejala leukemia yang perlu diketahui. Berikut ini adalah keenam gejala tersebut.

Kulit Pucat

Pada kasus leukemia, seseorang akan memiliki lebih sedikit sel-sel darah yang sehat. Kondisi ini akan menyebabkan si penderita mengalami anemia. Anemia dapat membuat kulit tampak pucat.

Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala yang umum pada kasus-kasus leukemia. Penderita leukemia yang merasakan gejala ini akan merasa lelah sepanjang hari dan tidak bertenaga.

Infeksi atau Demam

Sel-sel darah merupakan komponen penting bagi sistem imun. Bila sel-sel darah tidak sehat, seperti dalam kasus leukemia, si penderita akan cenderung lebih sering sakit. Hal ini membuat infeksi atau demam menjadi gejala yang cukup umum pada leukemia.

Sulit Bernapas

Selain kekurangan energi, penderita leukemia juga bisa merasakan gejala sulit bernapas. Kesulitan bernapas ini khususnya dirasakan ketika si penderita sedang melakukan aktivitas fisik.

Penyembuhan Lama

Penderita leukemia cenderung membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama bila terluka. Selain itu, orang dengan leukemia juga lebih mudah mengalami lebam. Kondisi ini mengindikasikan adanya perubahan sel darah terkait leukemia.

Gejala Lain

Ada beberapa gejala lain yang mungkin tidak seumum kelima gejala di atas. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul pada leukemia adalah berkeringat di amlam hari, nyeri sendi, penurunan berat badan pada subtipe leukemia tertentu, mimisan, pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening, dan panas dingin.

Sumber:Republika