5 Unit Ruko di Abdya Terbakar di Masa Pandemi Covid-19

5 Unit Ruko di Abdya Terbakar di Masa Pandemi Covid-19
5 Unit Ruko di Abdya Terbakar.(Foto: Yusnizar)

 Blangpidie, Acehbisnis.com - Lima unit ruko semi permanen di Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tepatnya depan Hotel Louser Kamis (14/5/2020) setelah Shalat Asar dilaporkan terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden di masa pandemi Covid-19 ini.

"Ya benar ada lima toko terbakar saat sore tadi,"ucap Kepala BPBK Abdya Amiruddin dihubungi AcehBisnis Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, kebakaran hebat yang menimpa lima ruko di Jalan At-Taqwa Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie belum diketahui penyebabnya dan hingga saat ini sedang diselidiki aparat kepolisian.

"Kita belum tahu pasti apa penyebabnya. Intinya sedang diselidiki oleh polisi apa yang menyebabkan lima ruko itu bisa terbakar,"sebut mantan Sekretaris Dinas PUPR Abdya itu.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, kepada Tagar mengatakan api telah meratakan sebanyak tiga ruko sementara dua sisanya tidak namun api membakar dinding, atap dan sejumlah bagian ruko.

"Kami masih melakukan pendataan, sebagian tim masih melakukan pemadaman api," ujar Amir.

Amir menambahkan, kebakaran diketahui terjadi saat memasuki salat Asar, mendapat informasi tentang ruko tersebut terbakar, 6 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Lantaran bangunan ruko berkontruksi kayu dan bahan mudah terbakar, membuat api cepat membesar dan merambat.

"Ada usaha laundry, ada gudang perabot dan warung, semuanya berkontruksi kayu yang mudah terbakar,"kata Amiruddin.

Akibat kejadian itu, kerugian akibat kebakaran 5 ruko ini ditaksirnya mencapai miliaran, sebab ruko yang terbakar berupa laundry, gudang prabotan yang berisi barang dan warung,"demikian Amiruddin.()

WTP Pemkab Pidie