5 Fakta Sameera Fazili, Pejabat AS Berhijab yang Hebohkan Gedung Putih

5 Fakta Sameera Fazili, Pejabat AS Berhijab yang Hebohkan Gedung Putih
Sameera Fazili/ Foto: Twitter @AtlantaFed/ @sameerafazili

Jakarta, Aceh Bisnis - Sosok Sameera Fazili tiba-tiba ramai diperbincangkan publik, Bunda. Wanita keturunan Kashmir ini bikin heboh usai tampil dalam konferensi pers di Gedung Putih Amerika Serikat (AS).

Dalam video yang beredar, Fazili tampak mengenakan hijab berwarna hitam. Ia tampil rapi dengan jas berwarna senada hijab, menutupi pakaian hitam putih yang dikenakannya.

Kehadiran Fazili memicu berbagai reaksi publik. Pasalnya, kehadiran Fazili seakan menjadi angin segar di era kepemimpinan Joe Biden.

Lalu, sebenarnya seperti apa sosok Sameera Fazili? Merangkum dari berbagai sumber, berikut fakta tentang Sameera Fazili:

1. Wanita keturunan Kashmir
Sameera Fazili adalah putri dari Mohammad Yusuf Fazili dan Rafiqa Fazili. Orang tua Fazili yang berasal dari Gojwara, Khasmir, Indian bagian utara, ini berprofesi sebagai dokter, Bunda.

Fazili bermigrasi ke AS dari Kashmir bersama kedua orang tuanya. Ia lalu melanjutkan pendidikan di AS, hingga akhirnya bisa masuk ke pemerintahan.

2. Lulusan Harvard dan Yale University
Sameera Fazili memperoleh gelar sarjana di jurusan ilmu sosial dari Harvard College. Di sekolah ini, Fazili berhasil menjadi lulusan terbaik dan meraih predikat magna cum laude.

Fazili lalu melanjutkan studi di Yale Law School dan memperoleh gelar Juris Doctor. Sejak saat itu, ia mulai jadi pengajar di sana dan memperluas pekerjaannya di bidang ekonomi.

Sebelum masuk sekolah hukum, Fazili pernah bekerja di lembaga pengacara wanita Muslim untuk Hak Asasi Manusia (HAM). Ia dikenal sebagai aktivis kebebasan beragama dan HAM internasional.

3. Direktur di Bank Atalanta
Sameera Fazili kini menjabat sebagai Wakil Direktur Dewan Ekonomi Nasional AS. Dalam akun Twitter miliknya, Fazili menuliskan bahwa dia sedang cuti dari jabatan Direktur Engagement for Community & Economic Development di Federal Reserve Bank of Atlanta.

Federal Reserve Bank of Atlanta adalah salah satu bank federal di AS. Bank ini memiliki kantor pusat di tengah kota Atlanta, Georgia.

Fazili diketahui pernah bekerja di ShoreBank, yakni bank pertama di AS. Wanita yang berasal dari Partai Demokrat AS ini juga sempat bekerja di Departemen Keuangan AS, yang khusus menangani isu-isu berkaitan dengan lembaga keuangan masyarakat.

4. Pernah jadi penasihat Barack Obama
Sameera Fazili bukan orang baru di pemerintahan AS, Bunda. Sebelumnya, dia pernah menjabat di pemerintahan Barack Obama.

Ibu tiga anak ini menjabat Penasihat Kebijakan Senior di Dewan Ekonomi Nasional atau National Economic Council. Di sini, dia bekerja mengurusi masalah pensiun, keuangan konsumen, pembangunan masyarakat, dan ekonomi negara.

5. Kini menjabat di pemerintahan Joe Biden
Sameera Fazili kembali dipercaya menjabat di pemerintahan AS, di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden. Wanita berhijab ini ditunjuk menjadi Wakil Direktur Dewan Ekonomi Nasional, Bunda.

Beberapa hari sebelum resmi masuk pemerintahan, profil Fazili ada di halaman utama staf senior Gedung Putih di situs transisi Joe Biden. Di jabatan barunya ini, Fazili fokus pada manufaktur, inovasi, dan persaingan domestik di AS.