4 Tanda Tubuhmu Kebanyakan Kopi Pagi Ini

4 Tanda Tubuhmu Kebanyakan Kopi Pagi Ini
Ilustrasi manfaat kopi. Foto: Istimewa

Jakarta - Kopi di pagi hari merupakan menu yang tak bisa dipisahkan bagi beberapa orang. Bahkan jika melewatkannya, seseorang bisa uring-uringan, bahkan merasa sakit kepala ataupun jantung berdebar karenanya.

Eits, hati-hati! Apabila hal-hal tersebut sudah dirasakan baik setelah meminum maupun jika melewatkannya, bisa jadi tanda bahaya pada tubuhmu. Yakni tubuh mulai kecanduan kafein dan tidak akan bisa lepas. Dirangkum dari The List, berikut adalah tanda-tanda lainnya bahwa tubuhmu kebanyakan kopi pagi ini:

1. Sakit kepala yang tak kunjung hilang

Jika kamu melewatkan kopi pagimu kali ini, biasanya kamu akan mengalami sakit kepala yang tak kunjung hilang. Ini adalah tanda dari kecanduan kafein. Faktanya, dalam studi yang dilakukan oleh John Hopkins University School of Medicine ditemukan lebih dari 50 persen peminum kopi melaporkan sakit kepala sedang hingga berat setelah melewatkannya hanya sehari.

"Kafein cukup mirip dengan struktur dari kimiawi yang ada di tubuh yang bernama adenosin. Salah satu tugas adenosine adalah untuk melebarkan pembuluh darah di otak. Kafein menghambat proses ini, dan ketika kafeinnya tidak ada, tubuh akan sangat sensitif terhadap adenosine dan pembuluh darah akan melebar, menyebabkan sakit kepala," kata Dr Ray Sahelian, penulis buku Mind Boosters and The Stevia Cookbook.

2. Jantung berdebar

Jantung berdebar setelah minum kopi bukanlah hal yang asing, namun jika ini terjadi terlalu sering maka bisa jadi kamu kecanduan kafein. Menurut University of Iowa's Heart and Vascular Center, kafein adalah senyawa yang umum terkait dengan denyut jantung. Beberapa orang sensitif terhadap sejumlah stimulan, namun kita lebih sering melihat denyut jantung yang terkait kafein saat minuman-minuman berbasis espresso seperti cappuccino dan latte menjadi populer di tahun 90-an, tulis studi tersebut.

3. Ada perasaan cemas

Merasa sedikit panik atau cemas? Kemungkinan besar kopi pagimu lah penyebabnya. Dr Sahelian menyebut ada beberapa orang yang sensitif terhadap kafein dan mengalami rasa tak bisa diam, mudah marah, dan cemas walau hanya dari segelas kopi pagi yang rutin. Jika kamu mengalaminya, cobalah mengurangi konsumsi kopimu di pagi hari.

4. Marah-marah melulu

Ada candaan orang yang menyebut tak bisa bekerja dengan baik jika belum minum kopi pagi. Namun jika kamu malah merasanya justru jadi marah-marah melulu setelah minum kopi, ini bisa jadi tanda bahaya.

Mengapa? Hal ini disebabkan kafein adalah stimulan yang berdampak pada sistem pusat saraf dan mendorong metabolisme dan energi, yang menjelaskan mengapa kamu selalu merasa lebih baik setelah meminumnya.

"(Kafein) menstimulasi reseptor dopamine di otak kita, sama halnya seperti kokain dan narkoba lainnya, namun tidak hampir sama. Sehingga bisa membuatmu kecanduan dan akan membuat mood-mu menjadi buruk jika kamu tak meminumnya, karena tubuhmu mengandalkannya sebagai stimulan untuk merasa lebih enak," kata Dana Hunnes, PhD, MPH, RD, ahli diet senior dari UCLA Medical Center, dikutip dari SELF.

WTP Pemkab Pidie