4 Buah Ini Terlarang Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Buah Ini Terlarang Dikonsumsi Penderita Diabetes
Ilustrasi Penyakit Diabetes Credit: pexels.com/PhotoMIX

Jakarta, Aceh Bisnis - Sebagaimana diketahui, diabetesi perlu menjaga pola makan mereka untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Meskipun mereka selalu menghitung secara mental apakah akan makan sesuatu atau tidak, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ada empat buah yang harus dihindari oleh diabetesi, terutama penderita diabetes tipe 2.

Pola makan yang diatur adalah faktor terbesar bagi penderita diabetes dalam mencegah gula dalam tubuh melonjak. Menurut dokter penurun berat badan, Dr Michael Mosley seperti dilansir dari TimesofIndia, buah-buahan yang harus dihindari penderita diabetes tipe 2 adalah mangga, nanas, melon, dan pisang.

Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut memiliki kandungan gula yang tinggi.

Buah yang bisa dimakan

Sementara empat buah tersebut baiknya dihindari diabetesi, buah-buahan berikut ini cukup aman dikonsumsi penderita diabetes, yaitu: Ceri, Persik, Aprikot, Apel, Jeruk, Buah pir, dan Kiwi.

Selain buah-buahan yang kaya gula, penting juga untuk memantau asupan karbohidrat. Semua karbohidrat diubah menjadi gula di dalam tubuh, ini tentunya hal yang tidak Anda inginkan terjadi.

Kaitan antara gula dan insulin

Jika asupan makanan tertentu dalam tubuh tinggi, masih ada ancaman lonjakan gula karena tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau insulin mereka diserap oleh sel. Untuk yang tidak berversi, insulin diproduksi oleh pankreas untuk menjaga kadar gula darah dalam batas yang sehat.

Jika fungsi ini terpengaruh, kadar gula darah dapat membuat kekacauan dan mulai memengaruhi bagian tubuh lain.

Diet dan olahraga untuk manajemen diabetes

Terakhir, penderita diabetes harus fokus pada banyak buah dan sayuran segar. Mereka juga harus memperhatikan asupan protein mereka dan memastikan bahwa mereka bergerak atau melakukan olahraga setiap hari. Ini bisa gerakan dasar seperti berjalan kaki bahkan latihan HIIT.

Iklan Kelender event 2021 Disbudpar aceh