Dandim Nagan Raya: Penanggulangan Bencana Jadi Urusan Bersama

Nagan Raya - Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono mengatakan, penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi urusan kita bersama.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Sosialisasi Kampanye Anti Karhutla yang digelar di Makodim setempat, Kamis (13/02/2020)

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0116/Nagan Raya, serta perwakilan dari Polres Nagan Raya, BPBD dan Dinas KLH setempat.

"Ada kecerendungan peningkatan kebakaran di 2019 lalu. Untuk itu, mulai dari sekarang kami melakukan kegiatan antisipatif dengan gencar menggelar Kampanye Anti Karhutla di seluruh jajaran Kodim,"kata Dandim dalam paparannya.

Dandim juga menjelaskan, kesiapan kita meliputi mensinergikan dengan stake holder dan instansi terkait antara TNI, Polri, BPBD, Dinas Lingungan Hidup dan masyarakat.

Selain itu juga menyiapkan sarana dan prasarana, mengintensifkan koordinasi antar penegak hukum penanganan Karhutla termasuk sangsi hukum dan menginventarisir daerah rawan karhutla guna antisipasi kebakaran.

"saat ini, jajaran Kodim 0116/Nagan Raya melakukan action Kampanye Anti Karhutla di seluruh wilayah diantaranya, sosialisasi di desa binaan, himbauan dengan memasang spanduk di lokasi rawan kebakaran, latihan pemadaman kebakaran dan intensif patroli bersama Polri dan BPBD bersama masyarakat,"papar Dandim.

Sementara itu, Kapusdalops BPBD Nagan Raya, Agus Salim dalam amanatnya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Babinsa yang selama 2019 yang telah berusaha keras bersama-sama bersinergi memadamkan kebakaran di wilayah Nagan Raya.

"Penanggulangan bencana adalah urusan bersama, alam jaga kita dan alam akan menjaga kita,"pungkas Dandim.(*)

Komentar

Loading...