Abdullah Puteh Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Abdullah Puteh, saat menyampaikan paparan materi empat pilar kebangsaan. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Aceh Tamiang - Wakil Ketua Komite 2 DPD RI, Abdullah Puteh menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di aula SKB Manyak Payed, Sabtu (8/2/2020).

Abdullah Puteh mengatakan, 4 pliar kebnagsaan yang terdiri dari pemahaman terhadap Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bhineka tunggal Ika harus di implementasikan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa.

"Ini suatu karakteristik Indonesia sebagai Negara dan bangsa yang besar dengan keluasan dan kemajemukan", terang Abdullah.

Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan keIndonesiaan.

Konsepsi tersebut disebut sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara atau Empat Pilar Kebangsaan.

Sementara itu, Ketua panitia Muhammad Wahyuddin dalam sambutanya mengatakan, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman pada Datok Se-Kecamatan Manyak dan tokoh masyarakat Payed tentang 4 Pilar Kebangsaan.

Dijelaskannya, pemateri yang hadir yakni dari Akademisi Dr Amiruddin Yahya Azzawy Dosen IAIN Langsa dan Umar, M.Ag Dosen UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Untuk peserta yang di undang sekitar 100 orang berasal dari unsur pemerintah Kampung yakni Datok, MDSK serta tokoh adat dan agama mewakili 36 Kampung Se-Kecamatan Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang.

"Semoga dengan kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini menjadi momentum bagi para Datok dan tokoh masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila, NKRI, UUD 1945 serta Bhenika Tunggal Ika di pemerintahan Kampong," harap Wahyu yang juga staf Ahli DPD RI.

Disela kegiatan salah seorang Datok Alue Sentang Kecamatan Manyak Payed Martunis Basyah mengapresiasi kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini, sebab ini penting sebagai pondasi pemahaman dalam berbangsa dan bernegara.

"Ini juga merupakan salah satu kegiatan bentuk kepedulian Anggota DPD RI terhadap masyarakat, dengan pemahaman terhadap 4 pilar kebangsaan", ujar Martunis yang juga mantan aktifis HMI.

Dirinya berharap, kegiatan ini jangan hanya sekali di buat tingkat kecamatan Manyak Payed, namun kalau Ir Abdullah Puteh ingin laksanakan di kampung, selaku Datok Alue Sentang siap menjadi tuan rumah dan memfasilitasi kegiatan 4 pilar, reses atau kegiatan lainnya.()

Komentar

Loading...