6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Waktu 10 Menit

Akan lebih baik lagi jika kita menjaga tekanan darah tetap terkendali sehingga terhindar dari hipertensi (Ilustrasi/iStockphoto)

Jakarta - Meski tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang terjadi karena jangka panjang, kadang-kadang bahkan orang yang benar-benar sehat dapat mengalaminya karena stres, kurang tidur, atau aktivitas fisik. Dalam hal ini, tak perlu terburu-buru ke rumah sakit atau minum pil.

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba beberapa teknik sederhana yang akan mengembalikan tekanan darah Anda kembali normal. Berikut cara-cara tersebut seperti dilansir dari Brightside.me

1. Memijat leher dan telinga

Ada 3 titik di kepala dan leher Anda yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah dalam beberapa menit. Caranya, temukan terlebih dulu titik pertama di belakang telinga dan raba ke arah bawah, ke tengah tulang selangka, di sana terdapat titik kedua.

Dengan menggunakan jari-jari Anda, pijat leher dengan lembut dari atas ke arah bawah garis tersebut. Ulangi 10 kali di kedua sisi leher.

Titik ketiga terletak di bawah setinggi daun telinga, sekitar 1/2 cm dari telinga. Pijat di kedua sisi dengan ujung jari Anda selama sekitar satu menit dalam gerakan berlawanan aruh jam.

Memijat bagian-bagian ini akan meredakan ketegangan pada otot leher dan mengembalikan aliran darah yang ke otak.

2. Melakukan akupresur

GB 20 atau Wind Pool adalah salah satu titik akupresur paling efektif untuk perawatan tekanan darah tinggi. Bagaimana cara melakukannya?

Tempatkan kedua ibu jari Anda di pangkal tengkorak, kemudian aktifkan kedua titik secara bersamaan dengan menerapkan tekanan yang mantap namun ringan.

Dalam satu atau dua menit, Anda akan merasa bahwa sakit kepala Anda menjadi jauh lebih baik.

3. Melatih pernapasan di lubang hidung kiri

Bernapas secara dalam dengan perut lewat lubang hidung kiri akan membantu Anda mengontrol tingkat tekanan darah Anda dengan merelaksasi pembuluh darah Anda dan mengurangi hormon stres. Bagaimana cara melakukannya?

Duduklah di lantai atau di kursi dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus. Kemudian letakkan tangan kiri di perut. Selanjutnya, tutup lubang hidung kanan Anda dengan ibu jari kanan.

Lalu ambil napa dalam-dalam melalui lubang hidung kiri, tahan selama beberapa detik, lalu bernapas. Bernapas perlahan dan dalam hanya lewat lubang hidung kiri selama sekitar 3-5 menit.

4. Latihan pernapasan mendengung

Latihan ini akan membantu Anda langsung menenangkan pikiran dan menyingkirkan sakit kepala dan migrain yang terkait dengan hipertensi. Bagaimana cara melakukannya?

Duduklah di lantai dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus, lalu tempatkan jari telunjuk di tulang rawan kedua telinga dan ambil napas dalam-dalam.

Saat Anda mengeluarkan napas, buatlah bunyi berdengung seperti seekor lebah dan berikan tekanan ringan pada tulang rawan telinga secara bersamaan. Ulangi latihan ini 7-10 kali.

5. Minum segelas air

Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh dehidrasi. Ketika tubuh Anda kekurangan air, volume darah dalam tubuh Anda turun dan sebaliknya tekanan darah akan naik.

Bagaimana cara mengatasinya? Setiap kali Anda mulai merasakan gejala hipertensi, minumlah segelas atau dua gelas air putih. Kemudian tunggu beberapa menit.

Minum air putih akan membantumu memulihkan volume darah yang cukup di tubuh dan menurunkan tekanan darah Anda.

6. Merendam kaki dalam air panas

Metode ini dapat membantu Anda 'menarik' darah turun ke kaki dan menjauh dari kepala Anda. Tekanan darah Anda pun perlahan-lahan akan kembali normal.

Bagaimana cara melakukannya? Ambil ember atau baskom dan isi dengan air yang benar-benar panas tapi masih bisa ditoleransi. Duduklah di kursi, oleskan kompres es ke bagian belakang leher Anda dan letakkan tangan dan kaki Anda ke dalam air.

Rendam kaki dan tangan Anda di baskom selama sekitar 10-15 menit.

Komentar

Loading...