Tiga Ekor Paus Terdampar di Aceh Timur

Warga melihat seekor paus yang sudah mati tergeletak di pesisir pantai di Kuala Bugak, Kecamatan Pereulak, Kabupaten Aceh Timur, Senin (3/2/2020) (ANTARA/Hayaturrahmah)

Aceh Timur - Dua dari dari tiga ekor anak paus yang terdampar di pesisir pantai di Kecamatan Pereulak, Kabupaten Aceh Timur, Senin (3/2) mati sementara satunya dilepas kembali ke luat.

"Iya, ada tiga ekor anak paus yang terdampar, namun dua ekor sudah mati, satu masih hidup dan sudah dilepas kembali ke laut," kata Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Syukriadi di Aceh Timur.

ia menjelaskan ketiga ekor anam paus yang terdampar tersebut tidak di satu lokasi, melainkan berbeda lokasi yakni satu ekor di Kuala Leuge dan dua ekor di Kuala Bugak sudah mati.

Kapolsek Peureulak AKP Muhammad Nawawi membenarkan bahwa di wilayah Kuala Leuge ada terdampar satu ekor paus dengan ukuran panjang lebih kurang dua meter terdampar.

Ia mengatakan ikan paus yang terdampar tersebut pertama kali ditemukan oleh Hayatullah (48) warga setempat, sehingga menurut keterangan dia pada saat Ikan Paus tersebut ditemukan sudah dalam keadaan terdampar di Pinggir Pantai dan memberitahukan hal tersebut kepada Masyarakat lainnya untuk mengevakuasi Ikan Paus tersebut ke Laut.

Proses evakuasi Ikan paus melalui pinggir pantai menuju ke Laut tidak berhasil dilakukan dikarenakan faktor ombak laut tinggi, sehingga harus menggunakan perahu menuju laut.

" Alhamdulillah Ikan tersebut berhasil di evakuasi dan dilepaskan ke Laut dengan selamat. Situasi aman dan terkendali,"kata Nawawi.

Komentar

Loading...