Besok, 327 Calon Petugas Haji Aceh Ikut CAT

Liputan6Ilustrasi Para peserta CPNS

Banda Aceh - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan menggelar seleksi petugas haji berbasis computer assisted test (CAT) secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Aceh besok, Selasa 4 Februari 2020. Tidak hanya berlaku di Aceh, ketentuan ini juga berlaku secara nasional.

Hingga hari ini dipastikan ada sekitar 327 orang yang mendaftarkan diri sebagai petugas haji kloter maupun non-kloter yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Aceh.

"Yang mendaftar sebagai calon petugas hampir memenuhi satu kloter. Namun jatah Aceh tahun ini haya 30 petugas," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi SSi, Senin (03/02/2020).

Samhudi menjelaskan, dengan jumlah pendaftar yang banyak, maka persaingan akan semakin ketat.

"Ini sudah bagus kita suka kompetisi yang banyak peminatnya . Kita harapkan seluruh peserta mempersiapkan diri sebaik mungkin," ujar Samhudi.

Samhudi menjelaskan, pelaksanaan ujian CAT digelar di kabupaten/kota agar proses seleksi lebih akuntabel dan transparan.

Pada musim haji ini, Kemenag Aceh mendapat jatah 30 petugas. Untuk formasi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dibutuhkan sebanyak 11 petugas (laki-laki). Formasi Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dibutuhkan 11 petugas (laki-laki) dan pernah haji.

Sedangkan, formasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dibutuhkan 8 petugas, untuk layanan ibadah, layanan umum (konsumsi, akomodasi, transportasi), dan pelayanan data dan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Sementara itu, 7.448 peserta yang tersebar pada Kankemeng Kabupatan/Kota di seluruh Indonesia. Mereka akan memperebutkan 1.014 PPIH Kloter, terdiri dari Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah Kloter. Selain itu, ada juga 305 kuota Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji atau PPIH Arab Saudi.[]

Komentar

Loading...