Pabrik Motor Honda Tutup Gara-gara Virus Corona

Virus corona. Foto: Reuters

Jakarta - Honda Motor Company mengumumkan akan menutup dua pabrik motor di China hingga 9 Februari 2020. Penutupan pabrik ini terpaksa dilakukan karena wabah virus Corona.

Pabrik di China memang libur untuk menyambut Tahun Baru Imlek pada 25 Januari hingga 30 Januari. Pekerja pada awalnya mulai aktif lagi memproduksi motor pada 3 Februari. Namun, karena wabah virus Corona yang mematikan, pemerintah China meminta semua bisnis ditutup hingga setidaknya 8 Februari 2020.

Dua pabrik sepeda motor Honda yang terkena dampak penutupan karena virus Corona adalah pabrik Sundiro Honda Motorcycle Company, anak perusahaan Honda China dengan kantor pusat di Shanghai.

Pabrik Tianjin Honda memiliki kapasitas produksi tahunan 350.000 unit sepeda motor, sedangkan pabrik Taicang dapat memproduksi 500.000 unit. Jika digabungkan, kedua pabrik motor Honda itu mewakili sekitar 40 persen dari total output sepeda motor Honda di China.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan situasi darurat global terkait virus corona yang menyebar dari China. Komisi Kesehatan Nasional China mengonfirmasi sejauh ini total terdapat 9.692 kasus virus corona di daratan utama China. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.806 kasusnya ada di wilayah Provinsi Hubei, yang menjadi pusat wabah virus corona.

Korban jiwa akibat virus corona di China bertambah. Angka korban meninggal dunia meningkat menjadi 213 orang.

Komentar

Loading...