Benarkah Kopi dan Teh Bisa Mengatasi Sembelit di Pagi Hari?

Benarkah kopi atau teh bisa atasi sembelit? (Foto: iStock)

Jakarta -

Beberapa orang bangun tidur dengan meminum kopi atau teh dan memercayai bahwa kedua minuman tersebut mampu mengatasi sembelit dan membantu memperlancar buang air besar di pagi hari. Benarkah hal tersebut?

Dikutip dari Times of India, banyak yang kita tahu bahwa meminum segelas kopi atau teh yang mengandung kafein meningkatkan aliran darah ke otak dan menstimulasi aktivitasnya. Selain itu, kafein juga membantu memperlancar pergerakan pencernaan.

Menurut para ahli, segelas kopi atau teh panas bekerja sebagai vasodilator dan memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan. Bila kamu ingin mencobanya namun tak terbiasa meminum kopi atau teh di pagi hari, kamu bisa menggantinya dengan segelas air hangat.

"Menurut para pakar, minuman apapun yang ringan dan hangat atau panas dapat membantu merilekskan sistem pencernaan karena kuncinya ada di kontraksi dan relaksasi dari saluran pencernaan yang bisa memperlancar BAB," demikian dilaporkan situs tersebut.

Mekanisme pencernaan ini melibatkan sebuah proses yang disebut peristalsis, yakni gerakan bergelombang yang terjadi di dalam usus. Para ahli menyebutkan gerakan ini sangat krusial untuk membantu makanan melewati dinding usus dan membuang kotoran.

Mengonsumsi minuman hangat di pagi hari membantu gerakan tersebut, ditambah juga dengan konsumsi buah dan sayur yang kaya serat. Apabila sudah menggunakan semua alternatif dan masih merasa tidak nyaman atau terus-menerus sembelit, segera periksakan diri ke dokter.

Komentar

Loading...