Srikaya, Buah Keberuntungan yang Bisa Cegah Kanker dan Sehatkan Mata

Foto: iStock

Jakarta -

Srikaya diburu jelang Imlek karena merupakan simbol keberuntungan. Buah manis legit ini ternyata memiliki banyak manfaat sehat.

Srikaya merupakan jenis buah tropis yang banyak ditanam di Indonesia. Buah hijau dengan bentuk unik ini memiliki daging berwarna putih dengan cita rasa manis dan bijinya melimpah.

Permintaan srikaya biasanya melonjak jelang Imlek. Karena buah ini adalah salah satu simbol keberuntungan dengan jumlah biji yang ada di dalamnya. Semakin banyak biji di dalam srikaya, maka makin banyak pula keberuntungan berupa rezeki yang didapatkan oleh mereka yang merayakan Imlek.

Selain fakta srikaya yang jadi simbol keberuntungan, ada beragam fakta menarik lainnya yang berkaitan dengan kesehatan seperti dilansir dari Health Line (10/4).

1. Nutrisi yang terkandung dalam srikaya

Foto: iStock

Srikaya yang memiliki nama lain cherimoya atau custard apple ini mengandung sejumlah nutrisi baik, diantaranya zat antioksidan yang tinggi, serat, flavonoid, asam kaurenoat, potasium, magnesium, karotenoid, vitamin B6, dan vitamin C. Kandungan nutrisi yang baik ini dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi keparahan beberapa penyakit.

2. Mengandung antioksidan yang tinggi

Sering dijadikan simbol keberuntungan dan kebaikan, srikaya juga kaya akan nutrisi salah satunya tinggi zat antioksidan. Antioksidan yang tinggi ini dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang memicu timbulnya kanker pada tubuh atau penyakit kronis lainnya.

3. Dapat meningkatkan suasana hati

Memiliki kandungan vitamin B6, srikaya dapat meningkatkan suasana hati Anda. Kandungan vitamin tersebut berperan penting dalam membentuk neurotransmiter, termasuk serotonin dan dopamin yang bertugas mengatur suasana hati Anda. Setidaknya dalam srikaya berukuran 160 gram mengandung 30% vitamin B6.

4. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Foto: iStock

Selain dapat meningkatkan suasana hati, srikaya juga meningkatkan kesehatan mata Anda. Karena kandungan karetonoid lutein pada srikaya berperan sebagai zat antioksidan di dalam mata yang dapat meningkatkan kesehatan penglihatan. Termasuk mencegah katarak yang membahayakan kesehatan mata.

5. Dapat mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan potasium dan magnesium di dalam srikaya ini dipercaya dapat mencegah tekanan darah tinggi. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah sehingga membantu dalam penurunan tekanan darah. Hal itu pun dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Dapat memperlancar proses pencernaan

Karena mengandung serat yang cukup tinggi, srikaya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Karena bisa melancarkan proses pencernaan. Serat larut yang ada pada srikaya dapat memberi makan bakteri baik di dalam usus. Anda pun akan terhindar dari sembelit dan sakit perut.

Komentar

Loading...