Belum Genap Satu Bulan, Gapura di Matang Panyang Dibongkar Massa

Satu unit Gapura dibongkar massa

Aceh Utara - Satu unit Gapura (pintu gerbang) yang terletak di Matang Panyang Kecamatan Baktia Barat Kabupaten Aceh Utara yang bersumber dari dana APBK baru selesai pembangunannya dibongkar paksa oleh massa, Jum,at (24/1/2020).

Pantauan di lokasi, terdapat bangunan gapura sudah rata dengan tanah. Menurut penuturan warga yang menyaksikan, pembongkaran dilakukan dengan alat manual dengan menggunakan palu dan tali oleh puluhan Massa Bintang Hu sekitar pukul 21.00 WIB.

Pelaksana Kegiatan, Abdullah, mengatakan pada tahap perencanaan pembangunan gapura telah diadakan musyawarah antara aparatur dan kepala desa dari Bintang Hu, Pucok Alue Buket serta Matang Panyang dan ditetapkan lokasi gapura akan dibangun di Matang Panyang.

"Pada tahap peletakan batu pertama pembangunan Gapura juga dihadiri oleh Geusyik bintang hu, Matang Payang, pucok alue buket, Kapolsek, serta pihak kecamatan", Ujarnya.

Kepala Desa Bintang Hu, Mawardi, melalui via seluler membenarkan ratusan warganya membongkar paksa gapura, ini disebabkan karena tapal batas desa yang belum jelas.

"Paket pembangunan gapura ini seharusnya dibangun di batas wilayah Pucok Alue dengan Matang Panyang, tetapi faktanya dibangun di tapal batas antara Matang Panyang dengan Bintang Hu, kami tahu setelah dipasang prasasti ini menyebabkan ratusan warga Bintang Hu tidak terima dan membongkarnya", ujar Mawardi.

Seperti diketahui sebelumnya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak menganggarkan pembangunan 3 unit gapura dengan total anggaran 87 juta, untuk kegiatan keserasian sosial dengan sistem swakelola di kecamatan Langkahan, Dewantara, Baktia Barat.

Komentar

Loading...