Distanpan Abdya Akan Tangkarkan 3 Varietas Padi Baru

Cabut bibit padi.(Acehbisnis.co)

Blangpidie - Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai Februari nanti kembali menangkarkan tiga varietas padi baru di sembilan Kecamatan dalam wilayah Kabupaten tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Pembibitan dan Pembenihan Distanpan Kabupaten Abdya, Hendri kepada AcehBisnis Kamis (23/1/2020).

"Alhamdulillah, mulai Bulan Maret kami kembali melakukan penangkaran. Kita berharap Maret sudah selesai tanam padi yang dijadikan tempat penangkaran,"ucap Hendri.

Menurutnya, luas areal penangkaran direncanakan sekitar 250 Hektare (Ha). Dari luas areal itu untuk varietas Pajajaran ditangkarkan seluas 50 Ha, Sigelis 150 Ha serta Impari 32 seluas 50 Ha. "Distanpan hanya butuh 6 ton benih untuk penangkaran padi dimaksud,"sebut Hendri.

Hendri menargetkan, dari 250 Ha tempat penangkaran benih padi nantinya bisa berproduksi alias menghasilkan bibit sekitar 1.000 ton benih baru dari tiga varietas tersebut.

Ia menjelaskan bahwa, tujuan dilakukan penangkaran oleh Pemkab Abdya melalui Distanpan untuk menciptakan varietas unggul yang berproduksi tinggi dan berkualitas.()

Komentar

Loading...