Gempabumi Tektonik 4,5 Skala Rikter Dirasakan di Banda Aceh

Ilustrasi Gempa Bumi, foto: liputan6

Banda Aceh - Wilayah Banda Aceh diguncang gempabumi tektonik, Sabtu (18/1/2020) sekitar pukul 08.55.29 WIB tadi. Hasil analisa BMKG menujukkan, gempabumi ini berkekuatan M=4,5.

Episenter terletak pada koordinat 4,48 LU dan 95,53 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 18 kilometer barat daya Calang, Aceh Jaya pada kedalaman 62 kilometer.

Hal ini dikatakan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, S.Si saat dikonfirmasi.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," ujarnya.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lamno dan Banda Aceh, serta sebagian Aceh Jaya. Hasil pemodelan menunjukkan, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegas Djati.

Pastikan, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.()

Komentar

Loading...