Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 10 Januari 2020

Ilustrasi rupiah. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta - Nilai tukar rupiah pada perdagangan Jumat (10/1/2020) diprediksi masih melanjutkan penguatannya dengan bergerak di kisaran Rp13.800 per dolar AS hingga Rp13.860 per dolar AS.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan bahwa sentimen menjadi lebih positif bagi rupiah seiring dengan fokus pasar yang beralih kembali ke optimisme kesepakatan perdagangan tahap pertama AS dan China akan segera terealisasi pada pekan depan.

“Investor berpikir kesepakatan itu akan menghapus salah satu ketidakpastian terbesar dan membantu mendorong pertumbuhan global tahun ini, meskipun beberapa orang berpikir bahwa pandangan itu terlalu optimis,” ujar Ibrahim seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (9/1/2020).

Selain itu, rilis data cadangan devisa dalam negeri yang berhasil menunjukkan hasil positif juga membantu menopang penguatan mata uang rupiah.

Rupiah menyentuh level terkuat sejak Juni 2018 pada perdagangan Kamis (9/1/2020) seiring dengan kembalinya minat investor terhadap aset berisiko sehari setelah serangan rudal Iran terhadap fasilitas militer AS di Irak.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup Rp13.854 per dolar AS, menguat 0,33% atau 46 poin menjadi mata uang dengan kinerja penguatan terbaik ketiga di antara mata uang Asia. Pada pertengahan perdagangan, rupiah sempat menyentuh level Rp13.848 per dolar AS, level paling kuat sejak Juni 2018.

Komentar

Loading...