Peringati Milad GAM ke 43, KPA Aceh Barat Gelar Doa Bersama

Meulaboh - Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Meulaboh memperingati Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-43 di halaman kantor KPA di Desa Seunebok, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Rabu (04/12/19).

Juru Bicara (Jubir) KPA/PA Wilayah Aceh Barat, Yussan mengatakan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gam ke-43 yang dilaksankan itu beragendakan silaturahmi, santunan anak yatim dan doa bersama.

Dikatakannya, peringatan milad ini sebagai bentuk kewajiban bagi para eks Kombatan GAM yang tergabung dalam KPA maupun tidak.

"Mereka juga merefleksikan 15 tahun berlalu perdamaian, yang kini belum bisa memenuhi butir-butir MoU Helsinky," ujarnya.

Menurutnya, salah satunya menyangkut bendera, sebenarnya bendera itu sudah disahkan oleh DPRA, hanya saja pemerintah pusat belum memberi keputusan.

"Soal pengibaran itu tidak menyangkut dengan KPA, itukan hak bangsa Aceh dan hak rakyat Aceh,” terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak pernah menghimbau untuk menaikan bendera bintang bulan, begitu juga untuk menurunkan.

Untuk itu, KPA meminta kepada pemerintah untuk memenuhi apa yang telah menjadi kesepakatakan bersama antara pemerintah RI dengan GAM.

“Harapan kita, pemerintah harus segera menuntaskan butir-butir kesepakatan yang ada dalam MoU,” harapnya.

Untuk sekarang, kata Yussan, KPA Wilayah Meulaboh tercatat 126 Anggota GAM yang masih komit terhadap butir-butir perdamaian. Mereka akan selalu menjadi pengawal dan penegur bagi pemerintah apabila yang dilakukan tak sesuai dengan harapan rakyat.

Plt Ketua Partai Aceh (PA) Aceh Barat Ofa Mua Nadi mengakui meskipun sudah belasan tahun perdamaian berlangsung. Dirinya tidak menganggap ada yang menyebut Mantan GAM. Baginya mereka masih disebut GAM, hanya saja bentuk perjuangan yang dilakukan kini melalui pena, bukan lagi dengan kontak senjata.

“Jika ditanya kami siapa, kami tetap GAM. Kami hanya dialihkan dari tentara ke KPA, GAM itu tidak ada mantan tetap GAM sampai kapanpun," pungkasnya.

Dalam Perayaan Hari Ulang Tahun Gam ke-43 turut dihadiri, Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam, Ketua DPRK Aceh Barat, Samsi Barmi, Kapolres Aceh Barat, AKBP Bobby Aria Prakasa.

Komentar

Loading...