Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 3 Desember 2019

Teller menghitung lembaran mata uang dolar AS (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diprediksi masih melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (3/12/2019), akibat faktor eksternal.

Kemarin rupiah ditutup terdepresiasi pada seiring dengan inflasi November yang dirilis lebih rendah daripada perkiraan pasar.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah ditutup di level Rp14.125 per dolar AS, melemah 0,12% atau 17 poin. Sementara itu, indeks dolar AS yang mengukur kekuatan greenback di hadapan sekeranjang mata uang utama bergerak menguat 0,06% menjadi 98,33.

Data ekonomi China yang berhasil dirilis lebih baik daripada perkiraan tidak mampu membawa rupiah ke zona hijau. Padahal, data indeks PMI manufaktur China periode November yang dirilis di level 50,2 berhasil membawa aset berisiko lainnya menguat baik.

Adapun, data indeks PMI China tersebut menjadi indeks pertama kali yang dirilis di atas level 50 sejak April lalu.

Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan faktor eksternal yang mempengaruhi rupiah yaitu ketidakpastian kesepakatan perdagangan parsial antara AS dan China. Rupiah diprediksi bergerak di kisaran Rp14.010 per dolar AS hingga Rp14.150 per dolar AS.

Komentar

Loading...