Jemaah Haji Aceh Terakhir yang Dirawat di Arab Saudi Meninggal Dunia

Foto aceh.kemenag.go.id/Inmas Aceh

Banda Aceh - Inna lillaahi wa innaa ilaihi raji'un. Aminah Muhammad Aji, 61 tahun, meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Saudi German Madinah, Kamis (28/11) lalu.
Informasi tersebut disampaikan H Samhudi SSi, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh.

"Inna lillah wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal pasien jemaah haji an Aminah Muhammad kloter 6 BTJ di RS German. Ibu Aminah adalah pasien yang terakhir," ujar Samhudi, Minggu (1/12) kepada Kepala Subbagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, M Nasril melalui aplikasi perpesanan daring.

Menurut laporan kematian yang keluarkan RS Saudi German, Aminah meninggal dunia pada Kamis, 28 November, jam 16.05 Waktu Arab Saudi (WAS).

Aminah Muhammad Aji, 61 tahun, berasal dari Aceh Utara. Ia tergabung dalam kloter 6. Selama ini Aminah dirawat di RS Al Ansaar, Madinah, dalam kondisi tidak sadar, dengan alat bantu pernapasan dan prosedur trakeostomi.

Rencananya, Aminah akan dievakuasi langsung oleh tim medis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) ke bandara Madinah dan ikut pulang bersama kloter 12 para 15 September. Tapi tidak jadi, karena masih di rumah sakit, pasca rawatan karena infeksi paru-paru. Ia juga menderita hipertensi, darah manis dan kepikunan.

Aminah adalah jemaah terakhir yang dirawat di Arab Saudi setelah musim haji berakhir. Sebelumnya, Mat Budin bin Abdul Latif, 99 tahun, yang dirawat sejak 18 Agustus di RS King Faisal, Mekah,  juga meninggal dunia pada Rabu, 2 Oktober lalu.

Komentar

Loading...