Ratusan Rumah di Abdya Diterjang Banjir

Sebuah rumah diterjang banjir di Kabupaten Abdya. Foto BPBD Abdya.(Yusnizar/AcehBisnis)

Blangpidie - Ratusan rumah di sejumlah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Jumat (29/11/2019) malam sekitar pukul 20.10 Wib diterjang banjir akibat hujan deras yang melanda Kabupaten itu kemarin.

Akibat kejadian itu menyebabkan sejumlah warga mengungsi ketempat yang lebih tinggi, namun mereka kembali ke rumah setelah banjir surut untuk membersihkan lumpur dimaksud.

"Banjir semalam cukup parah walaupun hanya numpang lewat. Banjir itu akibat meluapnya sejumlah sungai di Abdya. Banjir bahkan sempat mencapai satu meter lebih,"ucap Kepala BPBD Kabupaten Abdya Drs Amiruddin kepada AcehBisnis Sabtu (30/11/2019) diruangkerjanya.

Menurut Amiruddin, berdasarkan data jumlah warga yang ditimpa musibah banjir semalam dihitung berdasarkan Kartu Keluarga (KK) yang diperoleh BPBD Abdya antara lain terdapat di Kecamatan Blangpidie yakni Gampong Kuta Bahagia ada 150 KK yang menimpa musibah banjir, Gampong Kuta Jeumpa Kecamatan Jeumpa 70 KK. Kecamatan Manggeng Gampong Sejahtera 27 KK.

Kemudian Kecamatan Setia, Gampong Lhang 40 KK, Alue Dama 30 KK, Kecamatan Tangan-tangan tepatnya Gampong Ie Lhop 70 KK, Drin Jalo 80 KK dan Gampong Ie Mirah Kecamatan Babahrot 20 KK.

"Dari data dimaksud, semua rumah diterjang banjir mencapai 30 hingga 1 meter lebih. Bahkan ada yang sempat mengungsi namun kembali lagi setelah banjir surut. Banjir terjadi akibat hujan deras dan menyebabkan sungai meluap. Kejadian ini telah saya laporkan sama pimpinan,"demikian Amiruddin.(T dedi)

Komentar

Loading...