Diterjang Banjir, Sejumlah Fasilitas Umum di Abdya Rusak

Diterjang Banjir, Sejumlah Fasilitas Umum di Abdya Rusak.(Ist)
Blangpidie - Hujan deras yang menyebabkan banjir besar melanda sejumlah Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya Jumat (29/11/2019) malam sekitar pukul 20.10 Wib. Akibat kejadian itu telah menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak parah.
Berdasarkan data yang diperoleh AcehBisnis dari Drs Amiruddin, Kepala BPBD Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Sabtu (30/11/2019) disebutkan sejumlah fasilitas umum rusak parah seperti Abutmen Jembatan Gampong Ujong Tanoh Kecamatan Setia ambruk, jembatan Gampong Ie Lhop Kecamatan Tangan-tangan patah dan roboh sehingga harus dihancurkan supaya tidak menyebabkan terganggunya aliran air. Sebagai pengantinya dibuat jembatan darurat dari batang kelapa untuk penyeberangan warga sempat.

"Sementara abutmen jembatan Ujong Tanoh terpaksa kita timbun pakai tanah untuk penanggulangan darurat,"ucap Amiruddin.

Selanjutnya kata mantan Sekretaris Dinas PUPR Abdya, rusaknya pengamanan tebing sungai antara lain pengaman tebing di Gampong Kuta Jeumpa Kecamatan Jeumpa sepanjang 500 meter. Pengaman tebing Gampong Ujong Tanoh Setia sepanjang 460 meter.

Selanjutnya kata Amiruddin, pengaman tebing sungai di Gampong Lhung Tarok Kecamatan Blangpidie sepanjang 600 meter. Kecamatan Tangan-tangan di Gampong Blang Padang 200 meter dan Gampong Drin Jalo sepanjang 350 meter.

Diterjang Banjir, Sejumlah Fasilitas Umum di Abdya Rusak.(Foto: Istimewa)

"Rusaknya pengamanan tebing ini tidak bisa dilakukan penangganan darurat kecuali jembatan kecil yang patah dan abutmen untuk sementara bisa ditimbun,"katanya.

Namun demikian, pengaman tebing terpaksa harus diusulkan ke BNPB pusat untuk pembangunan tanggul batu gajah atau pengamanan tebing harus buat baru. Kenapa harus ke BNPB, karena anggarannya mencapai miliaran rupiah, sementara kalau APBK tidak memungkinkan.

"Ini pengaman tebing harus segera kita ajukan ke pusat, kasihan masyarakat gara-gara diterjang banjir mereka ketakutan dan ratusan rumah tergenang banjir,"demikian Kepala BPBK Abdya, Amiruddin.()

Komentar

Loading...