Polres Aceh Timur Musnahkan Setengah Ton Ganja dan 6 Kg Sabu

acehbisnis.comPolres Aceh Timur Musnahkan Setengah Ton Ganja

Idi - Polres Aceh Timur memusnahkan sekitar setengah ton ganja kering serta enam kilogram sabu. Pemusnahan tersebut dilakukan di Lapangan Apel Mapolres Aceh Timur, Kamis (28/11/2019).

Seluruh narkoba yang dimusnahkan merupakan barang bukti hasil Operasi Antik Rencong 2019 yang dilakukan oleh personel Polres Aceh Timur, khususnya Sat Resnarkoba.

Kegiatan itu dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda Aceh Timur beserta tokoh masyarakat, adat, tokoh agama dan yang lainnya.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro mengatakan, peredaran narkotika baik jenis ganja maupun sabu dan lainnya sangat marak dan meningkat pesat di wilayah hukum Aceh Timur. Tak hanya di kalangan dewasa, tapi juga beredar di kalangan pelajar.

"Hal itu terbukti berdasarkan data pengungkapan kasus yang terus meningkat dari tahun ke tahun," ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Kapolres menjelaskan, pemusnahan barang bukti ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari upaya penindakan hukum yang dilakukan kepolisian. Pemusnahan ini, katanya, juga bertujuan agar ada transfarasif antara pihak kepolisian dan masyarakat.

"Supaya tidak ada kecurigaan tehadap kepolisian, maka dari itu saya perintahkan agar barang bukti yang sudah diamankan segera dimusnahkan," katanya.

Menurutnya, diantara beberapa kasus penyalahgunaan narkotika tersebut yang perlu menjadi perhatian serius adalah bagaimana upaya penanggulangan terhadap korban penyalahgunaan narkotika.

"Khususnya pelajar, selain itu perlu upaya preventif dari berbagai pihak untuk menekan penyebaran narkotika di wilayah hukum Polres Aceh Timur," tegasnya.

Untuk diketahui, barang bukti narkoba yang dimusnahkan berupa 434,43 kilogram ganja kering dan 6,59 kilogram sabu. Selain itu, juga dimusnahkan pil ekstasi seberat 8,96 gram.

Seperti biasanya, ratusan kilogram ganja kering yang telah ditumpukkan di lapangan tersebut dibakar hingga habis menggunakan bahan bakar.

Sementara untik sabu dan ekstasi, dilarutkan atau diblender menggunakan campuran alkohol yang kemudian dibuang ke saluran pembuangan.()

Komentar

Loading...