5 Kebiasaan Sehat yang Bantu Cegah Penyakit Gagal Ginjal

Jakarta - Penyakit gangguan ginjal kronis (CKD) berisiko terjadi pada siapa saja hingga akhirnya harus cuci darah. Beberapa faktor risiko seseorang hingga mengalami gagal ginjal adalah diabetes atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, obesitas, merokok, memiliki gangguan prostat, dan ada riwayat dalam keluarga.

Kondisi penyakit gagal ginjal kronis tentunya bisa dicegah dengan cara yang mudah dan sederhana. Berikut 5 kebiasaan sehat yang bisa membantu mencegah gangguan ginjal dikutip dari situs National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney (NIDDK).

1. Memilih makanan sehat

Memilih makanan sehat menjadi kebiasaan pertama yang harus dijalankan. Kebiasaan ini meliputi lebih banyak konsumsi buah, sayur, gandum, dan produk susu yang rendah atau bebas lemak. Selain itu, biasakan tidak terlalu banyak konsumsi garam, gula, dan lemak yang terlalu banyak. Sebagai pengganti bisa digunakan aneka rimpang, herbal, dan rempah lainnya.

2. Rajin olahraga

Kebiasaan sehat selanjutnya adalah olahraga selama 30 menit setiap hari. Jika menjalankan gaya hidup sedentary yang tidak banyak bergerak, sebaiknya segera konsultasi pada dokter atau pelatih olahraga terkait aktivitas fisik yang bisa dilaksanakan tiap hari. Rajin beraktivitas fisik membantu tubuh tetap sehat dan mencegah berbagai penyakit setiap hari.

3. Menjaga berat badan

Demi ginjal yang lebih sehat, tubuh sebaiknya jangan terlalu gendut atau kurus. Tubuh yang terlalu berat biasanya meningkatkan tekanan darah, hingga akhirnya berdampak pada kerja ginjal yang makin berat.

4. Berhenti merokok

Jika saat ini masih merokok atau mengkonsumsi produk tembakau sangat disarankan segera berhenti. Dampak buruk rokok terjadi dalam jangka waktu panjang akibat penumpukan racun, zat kimia, dan nikotin yang akhirnya berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

5. Cukup tidur dan bebas stres

Tidur 7-8 jam sehari tiap malam sangat baik untuk kesehatan tubuh dan ginjal. Selain cukup tidur, pastikan punya hobi atau kegiatan lain untuk relaksasi dan melepaskan diri dari stres atau penat. Tanpa stres, kemampuan fisik dan mental tubuh makin baik dalam menjalankan aktivitas tiap hari.

Komentar

Loading...