Diguyur Hujan, Sungai Tanjung Putus Meluap

Seorang warga terlihat sedang membersihkan sampah kayu di sungai Tanjung Putus Gampong Jawa. (Syahrial/Aceh Bisnis)

Langsa - Akibat diguyur hujan sejak dua hari terakhir ini mengakibatkan sungai Tanjung Putus Gampong Jawa dan beberapa Gampong lainnya tak sanggup menampung debit air, sehingga terjadi luapan.

Pantauan Aceh Bisnis di sungai Tanjung Putus pada Jum'at (8/11/2019), dari pagi hingga siang debit air terus meninggi, sehingga mengakibatkan luapan air sungai mulai menggenangi ke pemukiman rumah warga yang berada disekitar bantaran sungai. Saat ini ketinggian air mencapai 20 cm hingga 50 cm dan diperkirakan akan terus bertambah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa Ali Mustafa mengatakan, sejak kemarin pihaknya telah mengirimkan petugas untuk memantau perkembangan kondisi di lapangan.

"Jadi dari kemarin kita sudah memonitor beberapa titik sungai yang rawan banjir,"ujar Ali Mustafa lewat sambungan teleponnya.

Ali Mustafa menghimbau kepada warga yang berada di sekitar sungai untuk selalu waspada terhadap kemungkinan buruk yang akan terjadi dari dampak luapan tersebut.

"Kami minta kepada warga untuk selalu waspada dan berhati-hati, jika ada masalah di lapangan agar dapat langsung menghubungi petugas,"ujarnya

Ali Mustafa juga meminta kerjasama dari instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerja Umum untuk sama-sama melakukan evakuasi jika terjadi luapan yang lebih tinggi lagi.

"Mudah-mudahan kita berharap debit air semakin turun, jika pun tidak maka kepada Dinas Lingkungan Hidup dan PU yang memiliki alat-alat berat untuk sama-sama menanggulangi luapan sungai tersebut,"demikian tandasanya.()

Komentar

Loading...