Bupati Pidie Ajak Semua Pihak untuk Menjaga Lingkungan

Foto: Aceh Bisnis

Pidie - Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) mengajak semua pihak di Kabupaten itu untuk menjaga lingkungan dari pengrusakan dan pecemaran. Pencegahan itu dilakukan dari rumah masing-masing.

“Dampak negatif dari kemajuan di bidang industri bisa mengakibatkan tercemarnya lingkungan seperti pembuangan limbah. Hal itu bisa berdampak pada kesehatan manusia karena limbah itu sangat berbahaya dan beracun,”kata Abusyik.

Selain itu, Bupati meminta masyarakat agar menghindari pemakaian bahan plastik, serta kurangi produksi sampah baik di rumah, kantor dan lingkungan. “Mari kita melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar,”ajak dia.

“Selama ini, pengelolaan sampah di Pidie masih belum maksimal,”kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pidie, Safrizal di Pidie, Jum’at (08/11/2019).

Dikatakannya, persentase jumlah sampah yang terkelola sebesar 29.252 m3 per tahun atau baru mencapai 7,28 persen dari estimasi timbunan sampah Kabupaten Pidie seluruhnya sebesar 320.722 m3.

“DLH baru mampu melayani sampah rumah tangga di 12 kecamatan dari 23 kecamatan yang ada di Pidie dan itu pun baru terlayani di wilayah perkotaan kecamatan saja,”ungkap dia.

Untuk menjalankan komitmen bersama dalam hal menjaga lingkungan hidup di Pidie, kata Safrizal, DLH Pidie akan mengajak stakeholder lintas sektor serta komunitas peduli lingkungan untuk terlibat langsung dalam aksi-aksi pembersihan lingkungan di Kabupaten tersebut.()

Komentar

Loading...