Temuan Mengejutkan Ilmuwan di Dasar Antartika

Foto: Kutub Selatan yang jarang terjamah manusia (Thinkstock)

Jakarta - Ada apa di bawah Antartika, daerah terdingin di muka Bumi? Wilayah Kutub Selatan ini memang tak begitu ramah dengan iklim yang begitu menusuk, bisa sampai minus 90 derajat Celcius.

Tentu banyak yang mengira dasar laut Antartika ditinggali hanya sedikit makhluk hidup. Akan tetapi, dalam dokumenter terbaru BBC dengan presenter kenamaan Sir David Attenborough, ditunjukkan bahwa dalam laut Antartika sepertinya banyak dihuni kehidupan.

"Permukaan beku lautan itu menyembunyikan rahasia besar. Mungkin tidak ramah di atasnya, namun di dalamnya amat berbeda, kondisinya sangat stabil sehingga kehidupan selama beberapa milenia punya waktu untuk jadi beragam," katanya, dikutip detikINET dari International Business Times.

Ilmuwan saat ini masih dalam tahap awal memetakan makhluk hidup di kedalaman itu yang wujudnya penuh keunikan. Misalnya, ada bintang laut dengan warna-warna berbeda serta hewan yang jarang terlihat di dasar laut Antartika.

"Makhluk yang ada di sini tumbuh sampai ukuran besar, predator cacing ukurannya 3 meter. Tapi kita baru ada dalam permulaan untuk menemukan detail dari kehidupan makhluk-makhluk aneh tersebut," cetusnya.

Sir David pun meminta manusia menjaga Bumi yang begitu mengagumkan ini . "Kita semua hidup di planet yang sama dan kita bergantung padanya untuk setiap makanan yang kita makan dan setiap napas yang kita hirup," katanya.

Program bertajuk Seven World, One Planet itu mengangkat betapa beragamnya kehidupan di Bumi dan menyoroti wilayah-wilayah di mana ilmuwan belum banyak melakukan eksplorasi.

Pada tahun 2010, NASA pernah mengebor es di Arktik dan memasukkan kamera ke bawah sampai kedalaman 182 meter. Mereka menemukan bentuk kehidupan yang aneh seperti makhluk semacam udang yang menari-nari dalam kondisi air sangat dingin.

"Kita menjadi seperti anak kecil, mengagumi makhluk kecil ini berenang dan menampilkan pertunjukan," kata Bob Bindschadler dari NASA.

Komentar

Loading...