Sudah Tidur 8 Jam Tetap Masih Ngantuk? Mungkin Ini Penyebabnya

Bangun tidur kok kondisi masih mengantuk, kenapa? (Foto: iStock)

Jakarta - Tidur merupakan sebuah kebutuhan setiap orang. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan waktu tidur harus mencapai 7-9 jam per malam.

Kurang tidur dan kebanyakan tidur sama-sama dapat mengganggu kesehatan tubuh. Kebanyakan tidur, dengan lebih dari 12 jam per hari, mengganggu ritme sirkadian tubuh sehingga mengacaukan jam tubuh.

Namun tidak jarang orang mengeluhkan masih ngantuk dan badan masih terasa lelah saat pagi hari meskipun sudah tidur selama 8 jam lamanya. Dikutip dari beberapa sumber, kemungkinan ini penyebabnya.

1. Kurang minum air

Efek lelah dan lemas karena dehidrasi bisa juga terjadi di pagi hari. Apalagi jika hari sebelumnya kamu kurang mendapat asupan air. Nggak heran kalau saat bangun tidur kamu malah ngantuk lagi.

Riset yang dilakukan oleh Human Performance Laboratory, University of Connecticut menyebut dehidrasi ringan saja bisa membuat seseorang merasa lelah dan mudah marah. Solusinya, jangan lupa minum satu gelas air saat sebelum tidur dan ketika baru bangun tidur.

2. Main handphone

kebanyakan orang bangun tidur yang pertama kali dicari adalah handphone atau smartphone-nya. Main handphone atau smartphone di kasur saat baru bangun tidur sangat tidak disarankan pakar kesehatan. Sebabnya, tubuh menjadi telat beradaptasi untuk melakukan aktivitas, karena masih merasa ada di atas tempat tidur.

"Kasur hanya untuk tidur. Ketika Anda sudah bangun, tubuh memulai jamnya untuk bersiap-siap menghadapi aktivitas harian. Menggunakan smartphone di kasur saat bangun tidur mengacaukan jam tubuh, yang membuat tubuh memasuki mode rileks karena ingin tidur," papar Dr Raj Dasgupta, MD, dari American Academy of Sleep Medicine.

3. Kurang sinar matahari

Seharian bekerja di dalam kantor membuat tubuh kekurangan paparan sinar matahari. Padahal sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain memecah vitamin D yang ada di tubuh serta membuat hormon bekerja lebih baik.

Kurang vitamin D juga diketahui membuat tubuh gampang lemas dan lelah serta akan merasa ngantuk meskipun telah cukup tidur. Karena itu saat bangun tidur di pagi hari, kamu disarankan membuka jendela untuk mendapat sinar matahari.

4. Mandi malam

Mandi air panas di malam hari dipercaya bisa membuat tubuh rileks sehingga tidur lebih cepat. Padahal menurut pakar, yang terjadi adalah sebaliknya.

Dr Dasgupta mengatakan mandi air panas di malam hari menghasilkan efek seperti olahraga. Hal ini karena mandi air panas meningkatkan suhu tubuh menjadi tidak ideal untuk tidur.

"Suhu tubuh saat tidur akan turun sekitar 15 derajat celsius. Mandi air panas membuat suhu naik, sehingga tubuh butuh waktu lebih lama untuk rileks dan tidur pun jadi tak nyenyak," paparnya.

Komentar

Loading...