Pertama di Indonesia, Abdya Bentuk Relawan Tagana di Seluruh Gampong

Ratusan Tagana Tingkat Gampong Mengikuti Sosialisasi. Foto AcehBisnis / Yusnizar

Blangpidie - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas Sosial Selasa (5/10/2019) di Aula Tgk Dikila Kantor Bappeda membentuk Relawan Tagana di seluruh Gampong dalam sembilan kecamatan. Kegiatan yang dibarengi dengan sosialisasi selama tiga hari itu dibuka Wabup Muslizar MT.

Wabup Kabupaten Abdya Muslizar MT pada kesempatan itu mengatakan, sebagaimana diketahui bersama bahwa bencana merupakan suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, non alam maupun manusia itu sendiri, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikilogis ataupun jiwa.

"Itu semua harus disadari oleh masyarakat dan kenyataan ini telah memperlihatkan bahwa hampir seluruh jenis bencana yang ada di dunia terdapat di Indonesia, mulai dari banjir, longsor, gempa bumi dan tsunami, angin puting beliung dan kejadian bencana lainnya,"sebut Muslizar MT.

Menyikapi kondisi tersebut maka akan diarahkan program penanggulangan bencana berbasis masyarakat, yang artinya mendahulukan kepentingan dari, oleh dan untuk masyarakat. Pengembangan potensi kearifan lokal dan penguatan pranata-pranata sosial menjadi modal dasar dalam melaksanakan manajemen penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dilaksanakan di setiap gampong atau komunitas masyarakat dalam Kabupaten Abdya.

Kemudian kata Muslizar MT, bencana alam bisa terjadi sewaktu-waktu dan tidak dapat diprediksi. Bencana datang tidak mengirim pesan, pemberitahuan. Kondisi demikian sering mengejutkan orang saat bencana tiba-tiba terjadi. Selama ini masyarakat sering tidak siap ketika bencana datang. Kondisi ketidaksiapan masyarakat ini disebabkan karena masyarakat kurang memahami pengetahuan yang menyangkut kesiagaan dalam menghadapi bencana.

Untuk itu, dalam rangka melindungi masyarakat dari kerugian besar dalam bencana serta respon cepat saat terjadinya bencana, maka perlu adanya pengelolaan tanggap darurat bencana. Peningkatan kapasitas masyarakat dalam menanggulangi resiko bencana, diantaranya dengan melakukan pelatihan penanggulangan bencana atau dengan simulasi-simulasi yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menanggulangi resiko bencana.

Lanjutnya adalah salah satunya dengan membentuk Relawan Sahabat Taruna Siaga Bencana atau TAGANA di setiap Gampong dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya.

"Mudah-mudahan dengan terbentuknya Relawan Sahabat Taruna Siaga Bencana di setiap gampong dalam Kabupaten Aceh Barat Daya, nantinya dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan setiap bencana sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan tepat langsung di pusat terjadinya bencana,"lanjut mantan Pimpinan DPRK Abdya itu.

Kepala Dinas Sosial Abdya Ikhwansyah dalam laporannya menjelaskan, kegiatan pembentukan Relawan Tagana Gampong ini merupakan perdana dilaksanakan di Aceh. Bahkan pertama di Indonesia. Kemudian untuk mewujudkan dan kelancaran pembentukan relawan itu. Pihaknya telah merekrut relawan tiga orang setiap gampong dengan total semua relawan berjumlah 456 sahabat relawan tagana dan ditambah relawan tingkat Kabupaten.

Hadir dalam kegiatan itu Wabup Muslizar MT, Ketua DPRK Abdya Nurdianto, Dandim 0110 Letkol Czi M Ridha Has, ST, MT, Kabag Ops Polres Haryono, Perwakilan Kajari, Sekda Drs Thamrin, para Asisten, Kepala SKPK dan ratusan relawan tagana tingkat Gampong.()

Komentar

Loading...