Wall Street Dibuka Naik Sambut Ekspektasi Damai Dagang

Foto: REUTERS/Brendan McDermid

Jakarta - Bursa Amerika Serikat (AS) dibuka menguat pada perdagangan Senin (4/11/2019) seiring dengan munculnya lagi optimisme pelaku pasar akan damai dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Indeks Dow Jones Industrial Average (Dow Jones) melompat 301 poin (1,11%) pada pukul 08:40 waktu setempat (20:40 WIB). Indeks Nasdaq naik 94 poin (1,13%) ke 8.386,4 sementara indeks S&P 500 bertambah 29,4 poin (0,97%) ke 3.066,91.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross menyampaikan pada Minggu (3/11/2019) bahwa izin bagi perusahaan AS menjual produk ke Huawei akan diberikan dalam waktu dekat, sebagaimana dilansir CNBC International.

Sebelumnya, Negeri Sam memasukkan perusahaan teknologi raksasa China daftar entitas bisnis yang tidak diperbolehkan melakukan transaksi dengan perusahaan AS tanpa izin khusus. Akibatnya, Beijing geram.

Lebih lanjut, Ross juga menyebutkan bahwa perjanjian dagang fase I dapat ditandatangani bulan ini setelah muncul lokasi pertemuan pemimpin kedua negara. Alternatif lokasi termasuk Iowa, Alaska, Hawai atau suatu tempat di China, seperti diberitakan CNBC International.

Sebelumnya, pelaku pasar global sempat khawatir penandatangan perjanjian damai dagang antara kedua negara mundur setelah pemerintah Chile membatalkan penyelenggaraan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik, di mana Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping awalnya dijadwalkan mengesahkan kesepakatan di sela-sela acara tersebut.

Di lain pihak, sentimen positif yang juga turut mendongkrak kinerja Wall Street menyambut rilis data ketenagakerjaan Negara Adi daya itu yang menunjukkan tambahan lapangan kerja 128.000.

Meski angka itu lebih rendah dari perolehan bulan sebelumnya 180.000, setidaknya capaian itu mengalahkan konsensus Dow Jones dengan perkiraan 75.000 lapangan kerja baru.

Komentar

Loading...