Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 4 November 2019

Karyawati beraktivitas di salah satu kantor cabang Bank Sinarmas, di Jakarta, Senin (22/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Jakarta – Akhir pekan lalu nilai tukar rupiah berakhir menguat tipis 4 poin atau 0,03 persen di level Rp14.039 per dolar AS pada saat indeks dolar AS turun. Akankan rupiah kembali menguat pada perdagangan Senin (4/11/2019)?

Sejauh ini, nilai tukar rupiah bergerak relatif stabil dan mekanisme pasar berkembang secara baik tak terpengaruh signifikan atas pelonggaran suku bunga acuan The Fed.

Terkait dengan penurunan suku bunga The Fed pada Kamis (31/10) memang sudah diperkirakan lama oleh pelaku pasar. Meski demikian dalam perhitungan Bank Indonesia penurunan suku bunga ini terjadi lebih awal dari yang diperkirakan.

Menurut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo hal itu menunjukkan lebih lanjut bahwa The Fed memasang sikap hawkish cut.

Ke depan, Perry meyakini masih ada ruang penguatan nilai tukar rupiah. Hal ini terbukti dari beberapa indikasi berdasarkan inflasi yang terkendali di bawah titik tengah sasaran 3,5 persen sampai 4,5 persen.

Komentar

Loading...