Bangun Tidur Kaki Terasa Nyeri untuk Jalan, Ini Kemungkinan Penyebabnya

ilustrasi nyeri kaki. Foto: Thinkstock

Jakarta - Saat bangun tidur di pagi hari, kadang kaki terasa nyeri saat pertama kali berjalan. Hal ini pastinya membuat perjalanan harimu tidak nyaman.

Setelah tidur, otot-otot kaki dan betis kamu akan mengencang secara alami dan menyebabkan nyeri saat memijakkan kaki untuk berjalan. Nyeri kaki di pagi hari ini bisa disebabkan oleh plantar fasciitis, tendinitis, ataupun patah tulang.

Plantar fasciitis adalah peradangan pada jaringan penyambung (fibrosa) tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut dengan plantar fascia yang berfungsi untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki, serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Cedera ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kelebihan berat badan, pelari, ataupun penari.

Selain itu, faktor usia dan memakai sepatu dengan lengkungan yang tidak memadai untuk kaki dapat meningkatkan risiko plantar fasciitis. Gejalanya, meliputi rasa sakit di bagian bawah kaki dan tumit saat pagi hari. Penyebab lainnya dari rasa nyeri ini bisa dari artritis, tendinitis, dan fraktur stress.

Pengobatan

Untuk meredakan rasa sakit di kaki akibat radang sendi, tendinitis, dan plantar fasciitis, bisa dengan renggangkan atau pijat betis serta kaki sebelum kamu berjalan saat bangun tidur. Caranya, duduklah di tepi tempat tidur dan letakkan kaki yang sakit di atas bola tenis atau semacamnya. Secara perlahan, gerakkan kaki melewati bola.

Dengan menekuk kaki di malam hari dan merenggangkannya saat pagi juga bisa mengurangi rasa sakit. Jika diperlukan tambahan perawatan, yang mungkin disarankan dokter bisa termasuk obat antiinflamasi, seperti ibuprofen, suntikan kortikosteroid, dan belat malam atau semacam sepatu boot yang digunakan saat malam hari. Jika sakit semakin memburuk, segera lakukan terapi fisik ataupun pembedahan bila diperlukan.

Pencegahan

Sebagai pencegahan rasa nyeri kaki saat pertama kali jalan di pagi hari, coba pakai sepatu yang sesuai, maksudnya yang memiliki bantalan dan penyangga untuk lengkungan kaki. Hindari penggunaan sepatu hak tinggi dan sandal jepit.

Selain itu, pertahankan berat badan yang ideal dan sehat serta hindari olahraga secara berlebihan. Jangan lupa, lakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga. Berikan waktu yang cukup juga untuk memulihkan tubuhmu pasca sesi olahraga.

Komentar

Loading...