Komponen Mesin Rusak Penyebab 36.915 Unit Grand Max Ditarik

Foto: Bisnis.com

Jakarta - Astra-Daihatsu Motor (ADM) mengelar kampanye perbaikan untuk Grand Max 1.5L dan Luxio karena terjadi kerusakan batang piston (conneting rod). Recall itu dilakukan untuk Grand Max 1.5L dan Luxio dengan periode produksi Maret 2018 hingga April 2019 dengan total unit sebanyak 36.915 unit.

Division Head Technical Service PT Astra-Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan Daihatsu menggelar recall karena menemukan 6 unit Gran Max 1.5L yang mengalami masalah berisik sebelum mesin mati. Setelah 6 unit tersebut diteliti, ADM menemukan terjadi kerusakan pada connecting rod sehingga menggelar recall untuk semua Gran Max 1.5 L dan Luxio Maret 2018 hingga April 2019.

"Kerusakan terjadi karena komponen connecting rod yang mana pada saat pembuatannya sedikit mengalami tekanan berlebih karena pergantian mesin baru. Sebagai bentuk tanggung jawab, kami mengundang semua konsumen Daihatsu pengguna Gran Max 1.5L dan Luxio untuk datang ke bengkel Daihatsu," ujarnya di Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Anjar menjelaskan proses perbaikan akan memakan waktu sekitar 14 jam karena turun mesin. Proses pergantian itu dilakukan secara cuma-cuma. Daihatsu juga memberikan kompensasi berupa paket servis gratis ganti oli pada perawatan berkala berikutnya.

Dia menuturkan untuk varian Gran Max 1.3L tidak mengalami masalah karena pemasok komponennya berbeda. Daihatsu akan menghubungi konsumen pengguna Gran Max dan Luxio untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu. Pemilik kendaraan juga dapat menghubungi hotline 1-500-898 untuk membuat janji perbaikan.

Marketing Director AMD Amelia Tjandra mengambahkan Daihatsu telah mempelajari 6 unit yang bermasalah tersebut dan memutuskan langsung menggelar recall sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keselamatan pengguna kendaraan.

"Program ini sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan pun tetap terjaga keamanan dan kenyamanan. Bagi pelanggan yang kendaraannya masuk dalam daftar recall dapat membawa kendaraan ke bengkel Daihatsu terdekat. Kami siap menyambut kedatangan pelanggan," tambahnya.

Komentar

Loading...