2 Minuman Herbal Produk Warga Surabaya, Tertarik Coba?

ilustrasi teh mint. Foto: wallpapers55

Jakarta - Menanam tanaman di pekarangan rumah dapat memberikan banyak keuntungan. Selain membuat lingkungan semakin asri, beberapa tanaman juga bisa jadi sumber penghasilan. Itulah yang dilakukan sebagian warga di Surabaya, Jawa Timur.

Terdapat warga di beberapa kelurahan Surabaya, Jawa Timur yang menanam tanaman. Tanaman itu mereka olah menjadi suatu produk untuk dijual.

Tak hanya menyehatkan dompet, tanaman yang ditanam ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan, warga di Kelurahan Bulakbanteng dan Bulak ini memilih untuk menanam tanaman herbal. Tanaman herbal itu kemudian warga olah menjadi minuman yang bisa dikonsumsi. Berikut dua minuman herbal produk warga Surabaya:

1. Teh Bawang Dayak

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk obat atau herbal adalah Bawang Dayak. Banyak orang yang belum mengenal jenis bawang satu ini.

Warga RT 10 RW 5 Kelurahan Bulakbanteng menjadikan tanaman ini sebagai salah satu komoditas herbal mereka. Warga di sana menanamkan Bawang Dayak di pekarangannya. Kemudian tanaman tersebut dikeringkan untuk diminum layaknya teh.

Melansir informasi dari Instagram Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi, dalam satu bulan, warga di sini rata-rata memproduksi 30 sachet Bawang Dayak. Dalam setiap sachet dibutuhkan 250 gram bawang. 90 persen warga berpartisipasi dalam mengolah tanaman ini.

Bawang Dayak memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Senyawa asilin yang terdapat dalam Bawang Dayak terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, tanaman ini juga mampu mengobati diabetes. Hal ini dipengaruhi dari kandungan berbagai senyawa seperti flavonoid, glikosida, alkaloid dan saponin yang dapat menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, Bawang Dayak juga terbukti dapat mengobati berbagai penyakit berat. Bawang Dayak memiliki senyawa yang membuat mati sel kanker. Penyakit jantung juga dicegah dengan senyawa fenolik dalam Bawang Dayak.

Minuman Berbahan Rosella

Beralih ke RT 5 RW 2 Bulak, di sana warganya juga menanam tumbuhan yang banyak manfaat untuk tubuh. Tumbuhan tersebut adalah Rosella.

Rosella memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa. Rosella adalah tumbuhan sejenis perdu yang bisa tumbuh hingga 3-5 meter dan dapat bertumbuh dengan baik di daerah tropis. Oleh sebab itu, tak heran warga Surabaya membudiyakan tanaman ini.

Masih melansir dari akun Instagram @ericahyadi_ 80 persen warga Bulak telah menanam Rosella. Tanaman ini kemudian diolah menjadi produk minuman sehat bernama Sinorella (Sinom Bunga Rosella).

Dalam satu bulan, warga ini dapat memproduksi minimal 50 botol Sinorella. Dibutuhkan 200 gram untuk membuat 50 botol Sinorella. Minuman ini menjadi pemasukan tersendiri untuk warga setempat.

Rosella memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Rosella mampu mengurangi kolesterol, gula darah, dan asam urat dalam tubuh. Banyaknya vitamin C dalam Rosella juga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh serta mengencangkan kulit.

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

Komentar

Loading...