Kasau: Pahami Segala Bentuk Ancaman di Masa Depan

Foto: Istimewa

Banda Aceh - Sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Udara, Polisi Militer harus memahami bentuk ancaman yang kita hadapi pada masa depan tidak akan menjadi lebih mudah, namun semakin kompleks dan unpredictable.

 Hal ini dijelaskan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Operasi, Letkol Pas Catur Yanuar saat Uparaca Peringatan HUT Ke-73 Polisi Militer Angkatan Udara di Lapangan Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Jumat (1/11/2019).

"Kita waspadai bentuk ancaman yang tidak hanya datang dari state actor saja, namun bisa dari non-state actor, pengunaan proxy dan bentuk ancaman hybrid lainnya. Contoh ancaman nyata adalah pelanggaran wilayah udara nasional Indonesia," tegasnya.

Meskipun beberapa pihak hanya dianggap sebatas pelanggaran adminitrasi, tetapi sebagai prajurit pengawal dirgantara, TNI AU tidak bisa menganggap sepele hal-hal seperti ini.

Dalam berbagai kesempatan, katanya, TNI AU telah memperjuangkan rancangan Undang-undang Pengelolaan Ruang Udara Nasional (RUU-PRUN), dengan salah satu poin penting yaitu kewenangan TNI AU sebagai penyelidik atau penyidik pro justicial dalam tindak pidana penerbangan yang berdampak terhadap pertahanan negara, termasuk di dalamnya pelangaran wilayah kedaulatan.

Kasau juga mengingatkan, Polisi Militer Angkatan Udara untuk dapat menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga prosedur penanganan permasalahan pelangaran wilayah udara, dapat di pahami dan dikuasai dengan baik.

 “Kembangkanlah sikap mental yang mampu beradaptasi dan berinovasi, sehingga Polisi Militer Angkatan Udara senantiasa siap menghadapi berbagai persoalan di bidang hukum yang semakin berkembang di masa depan,” tegas Kasau lagi.

Sebelumnya, Satpomau Lanud Sultan Iskandar Muda telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan menjelang HUT ke 73 Pomau diantarannya melaksanakan, Pekan Disiplin, Donor Darah dan Anjangsana ke Panti Asuhan Dayah Nurul Huda di Gampong Ajee Cut, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.()

Komentar

Loading...