Doa Terhindar dari Mimpi Buruk dan Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Doa mimpi buruk. Foto: iStock

Jakarta - Saat tidur, terkadang kita sering dihantui oleh mimpi buruk. Agar terhindar dari hal ini, kita disarankan membaca doa mimpi buruk dan mimpi baik sebelum tidur.

Manusia seringkali dihadapkan dengan mimpi buruk ataupun firasat buruk serta beberapa perasaan tak enak lainnya. Hal ini dapat menimbulkan rasa was-was dalam hati.

Dikutip dalam buku berjudul "Kumpulan Dzikir dan Doa Shahih: Tuntutan Hidup 24 Jam" oleh Anshari Taslim, Rasulullah SAW membimbing umatnya bila menghadapi mimpi baik ataupun mimpi buruk seperti tertuang dalam sabda:

"Apabila seorang dari kalian bermimpi yang ia sukai, berarti itu dari Allah dan hendaknya dia mengucapkan hamdalah karenanya serta menceritakannya. Tapi bila dia mendapat mimpi yang tidak disukai berarti itu dari setan, maka hendaklah dia berlindung dari kejahatannya dan jangan menceritakannya kepada siapapun, niscaya hal itu tidak akan berdampak buruk baginya." (HR. Al-Bukhari dalam shahihnya dari Abu Sa'id Al-Khudri RA, nomor 6985, kitab: At-Ta'bir, bab: Ar-Ru'yaa min Allah).

Berikut doa mimpi buruk sesuai sunnah dan doa agar tidak mimpi buruk saat tidur:

1. Doa agar memperoleh mimpi yang baik

Latin: Allahumma arinal haqqa haqqaw warzuqnat tibaa'ah, wa arinal baathila baathilaw warzuqnaj tinaabah.

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah kami bahwa yang benar adalah benar. Dan berilah kami jalan untuk mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami bahwa yang batil adalah batil dan berilah kami jalan untuk menghindarinya." (HR. Ahmad dan Ibnu Sunni)

2. Doa setelah mimpi baik

Latin: Alhamdulillahi rabbil'aalamiin

Artinya: Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa Mimpi Buruk dan Artinya

Latin: Allhaumma inii a'uudzu bika min'amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlaam.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari tingkah laku yang buruk. (HR. Hakim dan Nasa'i dari Aisyah).

Doa sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk ini perlu kita lakukan. Selain itu, dianjurkan mengikuti kebiasaan Rasulullah sebelum tidur, seperti:

1. Berwudhu

2. Membuka dan merapatkan kedua telapak tangan. Kemudian meniupkan dan membacakan Surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan Surat An-Naas. Kemudian kedua tangan diusapkan, dimulai dari kepala dan muka. Rangkaian amaliyah ini dilakukan sebanyak tiga kali. (Hadist Shahih riwayat Bukhari Muslim dari 'Aisyah).

3. Kemudian membaca Ayat Kursi (Hadist Shahih riwayat Bukhari dari Abu Hurairah).

4. Membaca dzikir Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x dan Allahuakbar 34x. (Hadist Shahih riwayat Bukhari Muslim dari Ali bin Abi Thalib).

5. Membaca 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah yakni ayat 285-296. (Hadist Shahih riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah).

6. Meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan dengan posisi badan miring menghadap ke kiblat, kemudian membaca doa-doa di atas dan doa agar terhindar dari mimpi buruk.

Komentar

Loading...