Dihamtam Badai, Bongkahan Bambu di Abdya Ambruk Ke Sungai

Bongkahan Bambu Ambruk di Sungai Manggeng Raya. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie, AcehBisnis - Dihantam badai dan disertai hujan lebat serta terus dikikis dari bawah menyebabkan satu bongkahan bambu (bak tring) ambruk ke sungai Manggeng Raya tepatnya di Gampong Tokoh Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Minggu (23/6/2019) dini hari tadi.

"Kejadiannya tengah malam tadi. Kini kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menghambat aliran air sungai mengalir menjadi terganggu,"ucap Amir, seorang warga Gampong Tokoh Kecamatan Manggeng kepada AcehBisnis Minggu (23/6/2019) pagi.

Menurutnya, penyebab kejadian ambruknya bongkahan bambu itu karena terus dikikis air sungai dari bawah dan saat terjadi badai langsung ambruk karena sudah tidak kuat lagi menahan terjangan angin.

"Saya rasa penyebabnya karena angin kencang kemudian dari lapisan bawah sudah kosong dikikis air sehingga langsung roboh,"kata Amir.

Ia menyebutkan, tadi padi bongkahan bambu itu membentang ke sisi sebelah sungai tapi menjelang siang sudah bergeser sedikit. Dikhawatirkan kalau tidak segera dipindahkan akan menyebabkan jembatan menjadi taruhan. Kenapa, karena kalau datang banjir, kayu dan ranting menumpuk langsung di jembatan itu karena lokasinya dekat jembatan.

Oleh karena itu, ia berharap kepada Pemkab Abdya melalui BPBD supaya segera mengevakuasi bongkahan bumbu itu. "Kami masyarakat tidak memiliki peralatan yang memadai untuk menebangnya kecuali parang. Sementara kalau dinas ada mesin pemotong kayu dan alat lainnya, jadi mudah kalau bekerja,"demikian warga Manggeng Raya tersebut.(yusnizar)

Komentar

Loading...