Wakil PM Turki: Kualitas Kopi Aceh Terbaik, Kami Siap Beli

Wakil PM Turki: Kualitas Kopi Aceh Terbaik, Kami Siap Beli
Foto: Agus Setyadi/detikcom

Banda Aceh - Wakil Perdana Menteri Turki Fikri Isik melakukan lawatan ke Aceh. Dia akan berkunjung ke sejumlah lokasi didampingi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (13/10/2017), rombongan Wakil PM Turki dijamu makan siang di restoran Pendopo Gubernur Aceh. Gubernur Aceh dan Fikri sempat bertukar cendera mata yang disaksikan undangan yang hadir.

Sebelum meninggalkan lokasi, Fikri menggelar konferensi pers di dalam Pendopo Gubernur. Dia berbicara banyak hal, dari soal investasi yang akan dilakukan Turki hingga kualitas kopi Aceh yang menurutnya salah satu yang terbaik di dunia.

"Kami selalu siap untuk membeli kopi Aceh. Tapi karena kualitasnya tinggi, harganya juga tinggi. Setelah saya balik ke Turki nanti, saya akan berpikir lebih lanjut terkait hal ini," kata Fikri dalam bahasa Turki yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Menurutnya, Turki siap melakukan investasi di Aceh dalam bentuk apa pun asalkan regulasinya mudah. Untuk investasi dari Turki, katanya, perlu juga bantuan dari masyarakat Aceh dan pihaknya sudah berdiskusi dengan gubernur.

"Turki akan memberikan bantuan investasi dalam bentuk apa pun dalam hal apa pun asalkan perundangan yang ada mempermudah kita," jelas Fikri.

Sebelum berkunjung ke Aceh, Wakil PM Turki juga sempat berkunjung ke Jakarta. Menurutnya, dia juga sudah berkomunikasi dengan pemerintah terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun di Lhokseumawe, Aceh.

"Untuk Kawasan Ekonomi Khusus, Turki bersedia investasi dalam bentuk apa pun," ungkapnya.

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh