Nelayan Sabang Diajarkan Budidaya Rumput Laut

Nelayan Sabang Diajarkan Budidaya Rumput Laut
Nelayan Sabang Diajarkan Budidaya Rumput Laut

Sabang, Acehbisnis.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Sabang menyelenggarakan pelatihan budidaya rumput laut di wilayah kerja Lanal Sabang. 

Kegiatan ini dilakukan di Pantai Pria Laot, Gampong Batee Shoek Jurong Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang dan diikuti sekitar 200 orang masyarakat nelayan. 

Kegiatan ini, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11 hingga 13 Maret besok yang secara resmi dibuka oleh Danlanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan yang dihadiri sejumlah unsur forkopimda Kota Sabang.

Kolonel Laut (P) Agus Darmawan mengatakan, pelatihan budidaya rumput laut ini merupakan program kegiatan tahunan TNI AL untuk meningkatkan ketahanan wilayah dan mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja Lanal Sabang. 

"Selama kegiatan ini, peserta dibekali ilmu baik secara teori maupun praktek tentang budidaya rumput laut," ujarnya Kamis (12/3/2020).

Diantaranya, jelas Danlanal, seperti ilmu tentang Potensi Budidaya Rumput Laut di Kota Sabang yang diberikan Lifriza selaku Kabid Periksa DKP Kota Sabang, Identifikasi Peluang Usaha dan Teknik Budidaya Rumput Laut di Perairan Pesisir Indonesia yang diberikan Prama Hartami, Materi Analisis Kesesuaian Lahan Budidaya Rumput Laut yang diberikan Erlangga serta Materi Penanganan Panen dan Pasca Panen Guna Peningkatan Kualitas Produksi Rumput Laut yang diberikan Munawwar Khalil.

"Ketiga pemateri tersebut merupakan dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Malikulsaleh Lhokseumawe yang sengaja didatangkan untuk melatih para nelayan," ungkapnya.

Danlanal juga menambahkan, tujuan kegiatan ini dilakukan, disamping untuk mendukung program pemerintah dalam membangun wilayah perbatasan juga untuk mengurangi sampah plastik yang semakin menumpuk. 

"Dimana, metoda keramba apung yang dipilih menggunakan botol minuman plastik bekas sebagai pelampung," kata Kolonel Agus.

Respon positif baik dari Pemko Sabang dan masyarakat nelayan pun sangat mendukung dalam penyelenggraan kegiatan ini. Oleh karena itu, dirinya berterima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada segenap jajaran Pemko Sabang dan seluruh masyarakat nelayan pantai Pria Laot. 

"Harapan kami kedepan TNI AL dapat lebih berperan dalam membantu pemberdayaan potensi maritim dan masyarakat pesisir yang ada di Kota Sabang," tambahnya.()

HIMBAUAN FORKAMPIDA ACEH
IKLAN CORONA pemrpov aceh