3 Kunci Sukses Wanita Terkaya yang Tak Lulus SMA

Jakarta - Pendidikan dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meningkatkan taraf hidup seseorang. Tapi banyak orang tak berpendidikan tinggi yang jadi pengusaha kaya karena kemampuan dan kerja keras mereka. Zhou Qunfei adalah salah satunya. Tanpa lulus dari SMA, ia bisa menjadi seorang CEO bahkan salah satu wanita terkaya dengan usaha sendiri.

Zhou Qunfei memiliki masa kecil yang tidak mudah. Wanita asal Hunan, China tersebut kehilangan ibunya di usia lima tahun kemudian ayahnya menjadi buta dan kehilangan jari karena kecelakaan di pabrik. Ia pun harus berjuang untuk mencari makan sendiri bahkan selalu berpikir bagaimana caranya mendapatkan makanan selanjutnya.

Untuk mendapatkan penghasilan, wanita 49 tahun tersebut ketika itu harus putus sekolah di usia 16 tahun dan pindah kota untuk bekerja di sebuah pabrik kaca pada 1986. Di sana, Qunfei yang awalnya hanya pekerja biasa dipromosikan untuk peran manajer.

Di 1993, ia dan delapan anggota keluarganya membangun sebuah usaha percetakan dengan uang tabungannya. Di apartemen yang menjadi tempat tinggal sekaligus tempat usaha, ia lalu membuat perusahaan pertamanya yang 10 tahun kemudian menjadi pabrik kaca Lens Technology. Pabrik kaca itu lah yang membuatnya menjadi wanita terkaya dengan usaha sendiri menurut Forbes. Lens Technology sendiri telah memproduksi kaca untuk Motorola, Tesla, Apple, Samsung, dan Huawei.

Dalam wawancara dengan CNBC, berikut tiga hal yang menjadi kunci kesuksesan sekaligus saran dari Zhou Qunfei.

1. Persiapan Sempurna

Menurut Zhou, persiapan yang baik adalah sebuah kunci kesuksesan. Menurutnya, pengusaha selalu butuh persiapan untuk apa yang akan datang. Persiapan yang dimaksud bukan hanya berupa modal tapi juga mental dan strategi. "Pertama, tingkatkan kompetitifmu secara umum. Kedua, kamu harus kuat secara mental. Ketiga, kuatkan pengertianmu akan pasar dan kompetitor," ungkap Qunfei yang juga sering persiapkan beberapa rencana kalau saja terjadi kegagalan.

2. Terus Belajar

Tak hanya untuk pengusaha, kemampuan dan keinginan untuk terus belajar harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses. Apalagi sebagai pemilik bisnis di mana pasar bisa saja berubah seiring perkembangan zaman. Qunfei sendiri dulu pernah mengambil kelas akunting, komputer, bahkan SIM truk saat bekerja di pabrik.

"Klien tidak akan memberi harga yang lebih baik untuk produk hanya karena kamu punya gelar tinggi tapi pengetahuanmu akan bisnis yang akan membantu mempertahankan kompetitif perusahaanmu. Ketika kamu punya kemampuan untuk belajar, kamu harus punya kemampuan untuk terus tumbuh," katanya.

3. Jangan Pernah Menyerah

Terakhir adalah jangan menyerah untuk apa yang Anda cita-citakan. Meski menemukan hambatan bahkan kegagalan, Zhou Qunfei menyarankan untuk tetap gigih berjuang. Hal ini tentu diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk menunjukkannya kepada para pekerja, Qunfei pun pernah mengadakan percobaan dengan menyuruh mereka naik gunung.

"Karena ketika kamu sudah di tengah, kamu tidak akan punya keberanian untuk kembali dan mulai lagi dari awal, kamu akan menyerah. Hanya ketika kita gigih, kita bisa sukses. Jangan menyerah hanya karena sedikit halangan," ujar CEO Lens Technology itu.

Komentar

Loading...