Akmal Berharap Lahir Ahli Sambal Sunti Aceh di Abdya

Foto: Yusnizar

Blangpidie - Akmal Ibrahim, Sponsor Utama Festival Sambal Sunti Aceh yang diselenggarakan oleh Abdya Cinta Kuliner (Acik) di Pantai Bali Kecamatan Susoh Senin (4/10/2019) berharap supaya lahir Ahli Sambal Sunti Aceh di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

"Harapan saya dari festival ini bisa melahirkan Ahli Sambal Sunti Aceh di Kabupaten ini,"ucap Akmal Ibrahim yang juga Bupati Kabupaten Abdya saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut Akmal, Sambal Sunti Aceh merupakan terbaik di dunia. Tetapi kenapa tidak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. "Ini peluang. Saya mengajak kawan-kawan menjadi investor Sunti Aceh. Tidak ada yang mau,"katanya.

Oleh karena itu, Akmal Ibrahim ingin menjadi Investor Sambal Sunti Aceh. Pertanyaannya sekarang siapa yang pembuat Sambal Sunti ini. Makanya ide festival ini muncul dan ini bukan kegiatan pemerintah melainkan kegiatan dirinya bersama istri. "Ide ini muncul karena kebutuhan. Anak saya di pesantren dan waktu ingin jenguk anak, istri saya sibuk bikin sambal dan makanan lain. Kita cari di kedai tidak ada makanya kita buat festival ini,"sebut Akmal Ibrahim.

Masih menurut Akmal Ibrahim, sambal sunti tidak bisa lekang dari lidah orang Aceh. Akmal berjanji akan membuat perusahaan untuk memasarkan sambal sunti khususnya hasil dari peserta festival tapi semua harus lulus laboratorium untuk melihat kadar nutrisi dan kesehatannya.

"Peserta yang berhasil jadi juara akan menjadi karyawan saya. Boleh produksi di rumah tapi dengan standar saya,"sebutnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Taufik menyebutkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mencari bibit dan melahirkan generasi kreatif. Artinya dengan kreatifitas bisa membangkitkan ekonomi. Menurut Taufik, pemenang hasil festival ini akan dipatenkan dan diproduksi serta dipasarkan. Artinya siap dibuat dan siap dipasarkan.

Sementara jumlah peserta adalah  yang daftar 72. Yang hadir atau ikut 47 dari peserta kelompok dan 13 peserta individu.()

Komentar

Loading...