Janjikan Proyek Fiktif Kemendes di Sabang, Pria Jakarta Ini Ditangkap

Ilustrasi ditangkap.(Foto:liputan6.com)

Banda Aceh - Seorang pria berinisial ES (39), Karyawan Swasta, warga Jakarta Selatan, DKI Jakarta ditangkap personel Sat Reskrim Polres Sabang, Jumat (1/11/2019) dinihari sekitar pukul 01.20 WIB.

Tersangka ES ditangkap di Lantai 9 Apartemen Kalibata City Tower Nusa Indah, Jakarta Selatan, DKI Jakarta setelah polisi melakukan penyelidikan atas penipuan dan penggelapan uang yang dilakukan terhadap korbannya.

Ia, diketahui menjanjikan pengurusan proyek dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) Republik Indonesia yang mana sebenarnya proyek tersebut tidak pernah ada.

"Korban bernama Mahmud (51), PNS, warga Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh. Penangkap pelaku juga dibantu Unit Resmob Sat Reskrim Polres Jakarta Selatan," ujar Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito saat dikonfirmasi Jumat.

Direktur menjelaskan, penangkapan pelaku dilakukan setelah korban melapor ke polisi pada 16 Mei 2019 lalu. Penipuan ini terjadi pada 2018 lalu di Sabang. Awalnya pada tahun 2015, ES menjanjikan proyek yang dikatakan akan dialokasi untuk kota Sabang itu kepada korban.

"Pelaki meminta dikirimkan sejumlah dana untuk pengurusan proyek yang dijanjikan, korban pun mengirim dana senilai Rp 1,15 miliar kepada pelaku melalui sejumlah rekening seperti Bank BCA, BNI, Mandiri dan BRI atas nama pelaku," ungkapnya.

Namun, hingga tahun 2018 kemarin, pekerjaan yang dijanjikan ES tak pernah terealisasi dan tidak pernah ada. Korban pun meminta kepada pelaku agar uangnya dikembalikan, tetapi uang itu juga tak pernah dikembalikan oleh ES, sehingga korban melapor ke polisi.

"Dalam penangkapan ini diamankan sejumlah slip atau bukti transfer uang. Sementara pelaku masih diperiksa di Mapolres Jakarta Selatan dan kemudian akan dibawa kembali ke Sabang untuk diproses lanjut," jelasnya.

Tersangka ES, lanjut mantan Dir Resnarkoba Polda Aceh ini, dijerat dengan Pasal 378 jo Pasal 372 KUHPidana tentang Penipuan dan Penggelapan yang dilakukan.()

Komentar

Loading...