Tingkatkan Kemampuan Usaha, Pemkab Abdya Kirim 40 Warga Ke BLK Banda Aceh

Kepala Dinas Dinas PMPTSP dan Naketras Abdya Ir Muslim Hasan (kiri) Didampingi Kabid Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Ermida,SP. Foto AcehBisnis/Yusnizar

Blangpidie - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui Dinas PMPTSP dan Naketras akan mengirim 40 warga di Kabupaten itu ke Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh pada 3 November nanti untuk mengikuti pelatihan Ketenagakerjaan.

Demikian pernyataan Ir Muslim Hasan Kepala Dinas Dinas PMPTSP dan Naketras Abdya kepada AcehBisnis Kamis (31/10/2019) diruangkerjanya.

Menurutnya, dari total 40 warga itu dirincikan sebagai berikut 9 orang bidang menjahit pakaian, 8 orang bidang teknik manufaktur mesin bubut, 7 orang teknik las bawah air, 6 orang perawatan AC. Dan sisanya bidang teknik otomotif sepeda motor metik serta bidang sepeda motor konpensional.

"Yang kita kirim 40 orang ini merupakan yang sudah lulus seleksi dari total 70 orang yang mendaftar ke kita. Alhamdulillah, awal Bulan November mereka kita berangkatkan dengan mengunakan bus,"ucap Muslim Hasan yang didampingi Kabid Tenaga Kerja Dan Transmigrasi, Ermida,SP.

Intinya kata mantan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya tersebut, dari 40 orang itu terdiri 34 laki-laki dan 6 wanita. Sementara mengenai lama pelatihan, Ir Muslim Hasan menjelaskan, mereka akan dilatih sesuai bidang hingga satu bulan dan 1.5 bulan di BLK dimaksud. "Semua biaya ditanggung pemerintah dengan sumber dana dari APBN,"katanya.

Ia juga menambahkan, tujuan Pemkab Abdya mengirim warga ke BLK, supaya mereka mampu dan bisa menciptakan usaha sendiri. Intinya pulang dari tempat pelatihan mereka sudah mampu bekerja karena bekal dan ilmu sudah dimiliki.()

Komentar

Loading...