Razia Tanpa Plang, Kasat Lantas Polres Pidie: Itu Tak Menyalahi Prosedur

Razia Polisi Foto: Aceh Bisnis

Pidie - Personil Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pidie mengelar razia tanpa mengunakan plang operasi dikawasan jalan protokol Kabupaten Pidie. Sehingga banyak pengendarai protes karena diberhentikan tiba-tiba oleh Polisi lantas.

Ketika kendaraan tidak lengkap seperti tidak memakai helm, kaca spion tidak ada, dan kendaraan tidak ada plat nomor langsung diberhentikan oleh personil lantas.

Banyak warga yang protes razia tersebut dikarenakan dianggap tidak sesuai prosedur, karena razia itu tidak memasang plang tanda sedang adanya operasi.

Kasat Lantas Polres Pidie, AKP Hendra Marlan mengatakan, operasi penindakan terhadap pelanggar lalu lintas melalui kegiatan patroli merupakan hal yang biasa dan tidak menyelahi prosedur.

“Karena setelah dihentikan oleh personil, pengandara yang secara kasat mata melanggar tertip berlalu lintas kemudian diarahkan ke Mapolres Pidie untuk pengambilan surat penilangan,”kata Kasat Lantas tersebut kepada wartawan, Kamis (31/10/2019).

Ia juga menyatakan, razia ini sistem hunting, jadi masyarakat jangan mempertanyakan keapsahan giat tersebut. Karena PP Nomor 80 tahun 2012 itu dibagi dua jenis penindakan, secara stasioner (razia ditemat) dan secara simtem hunting.

Penggunaan sistem hunting tersebut, jelas Kasat, dalam Operasi Zebra Rencong 2019 di Pidie, banyak ditemukan pengendara memutar balik kendaran dan kabur setelah melihat plang razia terpanpang beberapa meter dari lokasi pemeriksaan.

Menurut dia, hal seperti itu sangat membahayakan pengendara itu sendiri dan juga pengendara lain yang berada dijalur yang berbeda.

“Kita menerapkan sistem hunting, jadi anggota mencari pelanggaran dengan cara patroli, karena kami anggap lebih efektif dari giat secara stasioner,”pungkas Handra.

Hingga saat ini, Satuan Lalu Lintas Polres Pidie sudah menindak lebih 500 pelanggaran berlalu lintas, diantaranya juga terdapat beberapa anggota Polisi juga terjaring dan satu pengandara mobil yang menyimpat alat sabu dan sudah dalam penyidikan Sat Narkoba Polres Pidie.()

Komentar

Loading...