Setelah Sempat Kabur, 3 Tahanan Polsek Peusangan Bireuen Menyerahkan Diri

Banda Aceh - Tiga tahanan Polsek Peusangan Polres Bireuen diketahui menyerahkan diri setelah sempat kabur bersama empat tahanan lainnya pada Senin (14/10/2019) lalu. Mereka Kabid dengan merusak kunci gembok sel setempat.

Hal ini dikatakan Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito, Rabu (16/10/2019) saat dikonfirmasi. "Tiga orang sudah menyerahkan diri setelah adanya imbauan agar menyerahkan diri," ujarnya.

Ketiga tahanan itu yakni Husaini (37), M Ikbal (18) serta Rahmat Aulia (23) yang merupakan warga Bireuen yang diproses hukum karena kasus narkoba. Sebelumnya, ada dua tahanan yang sudah ditangkap kembali yakni Muslem Idris (28) dan Suhelmi (38), warga Bireuen yang juga tersandung kasus narkoba.

"Saat ini ada dua tahanan kabur masih terus diburu yakni Zulfiadi (29), warga Aceh Utara dan Musfriadi (35), warga Bireuen, tahanan kasus narkoba dan penggelapan. Diimbau agar keduanya juga segera menyerahkan diri," tegas Direktur.

Seperti diberitakan sebelumnya, tujuh tahanan Polsek Peusangan Polres Bireuen melarikan diri, Senin (14/10/2019) subuh sekitar pukul 05.30 WIB. Mereka kabur setelah merusak kunci gembok sel yang kemudian memanjat pagar belakang Polsek setempat.

Berdasarkan keterangan petugas jaga Polsek, saat salat subuh kemarin para tahanan masih berada di dalam dan melakukan zikir dengan suara yang keras.

"Sekitar pukul setengah 6, salah satu petugas bernama Bripka Dedi Kurniawan mengecek tahanan dan diketahui pintu sel terbuka dengan kondisi gembok yang telah rusak serta tujuh tahanan kabur," ujar Agus beberapa hari lalu.

Para tahanan yang kabur, rata-rata merupakan tahanan yang tersandung kasus narkoba. Mereka adalah Muslem Idris (28), warga Kecamatan Tanah Pasir, Bireuen, Zulfiadi (29), warga Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Husaini (37), warga Kecamatan Peusangan Bireuen.

Lalu, Suhelmi (38), warga Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang merupakan tahanan kasus narkoba serta Musfriadi (35), warga Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang merupakan tahanan kasus penggelapan.

"Para tahanan ini merupakan tahanan Polres Bireuen yang dititipkan di Mapolsek Peusangan. Dua tahanan lainnya M Ikbal (18) dan Rahmat Aulia (23), warga Kecamatan Peusangan, Bireuen, tahanan kasus narkoba yang ditangani Mapolsek Peusangan," jelasnya.

Saat ini, dua tahanan yang kabur telah ditangkap kembali. Keduanya yakni Muslem Idris dan Suhelmi. "Sementara lima tahanan lain yakni Zulfiadi, Husaini, Musfriadi, M Ikbal dan Rahmat Aulia masih dalam pengejaran," tambahnya.()

Komentar

Loading...