Pengedar Sabu di Banda Aceh Didor Timah Panas

Banda Aceh, AcehBisnis - Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh menangkap tiga pemilik dan pengedar sabu. Salah satu pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan peluru polisi karena kabur saat ditangkap.

Pelaku yang ditangkap awalnya berinisial RF (25), warga Gampong Neusu Aceh, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh dan SB (35), warga Gampong Kaye Lee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Kedua pelaku ini ditangkap tim Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh di kawasan depan Rumah Sakit Pertamedica Ummi Rosniati, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (7/10/2019) kemarin.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasat Resnarkoba, AKP Boby Putra Ramadan Sebayang mengatakan, penangkapan dilakukan karena pelaku kerap melakukan transaksi jual beli narkotika.

“Saat tersangka ditangkap, di box depan motor Honda Beat yang dikendarai ditemukan satu paket sabu yang beratnya 0,21 gram”, ujar Boby, Rabu (9/10/2019).

Ia menjelaskan, kedua tersangka mengaku membeli sabu itu seharga Rp 200 ribu dari tersangka GO di Gampong Lamteungoh, Kecamatan Samahani, Aceh Besar. Merek mengaku akan memberikan sabu kepada JO dan akan digunakan bersama dengan JO.

"Kami sudah tetapkan JO dan GO dalam daftar pencarian orang (DPO). RF dan SB diamankan bersama barang bukti. Saat dikembangkan, ada tersangka lain yang disebutkan yakni ZA (37), warga Gampong Leubok Buni, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar," terangnya.

Petugas kembali melakukan pengembangan lanjut dan menuju ke lokasi yang dimaksud untuk menangkap ZA, Selasa (8/10/2019) kemarin. Setiba di lokasi, tersangka ZA melawan saat akan ditangkap dan kabur dari petugas.

"Diberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali tapi tidak diindahkan sehingga kita ambil langkah tegas terukur untuk melumpuhkan tersangka," kata mantan Kasat Reskrim Polres Nagan Raya ini.

Dalam keadaan tertembak di bagian kaki pun, ZA masih berusaha kabur dari petugas sebelum akhirnya dapat diamankan. Dari tangan ZA diperoleh 7 paket sabu seberat 6,99 gram. Ia mengaku mendapatkan sabu dari AM. AM pun kini dalam pencarian.

"Tersangka terancam dengan hukuman penjara minimal 5 Tahun dan maksimal 20 tahun sesuai Pasal 112 ayat (2), jo pasal 114 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," tambahnya.

Komentar

Loading...